Peran Guru dalam Penguatan Nilai Moral Melalui Ajaran Tri Kaya Parisudha di SMP Negeri 1 Gianyar

Authors

  • I Ketut Manik Asta Jaya UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/vs.v9i2.3119

Keywords:

Moral, Siswa, Tri kaya parisudha

Abstract

Pendidikan mengemban peran besar dalam membentuk karakter generasi bangsa, terutama ditengah derasnya gempuran globalisasi, yang dikhawatirkan dapat mengancam moral peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang peran guru dalam menguatkan nilai moral kepada peserta didik. Terutama nilai moral yang didasarkan pada kitab suci agama Hindu khususnya ajaran Tri kaya parisudha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni dengan mengumpulkan data yang berbentuk kata, kalimat. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 1 Gianyar Kabupaten Gianyar. Data yang diperlukan dalam penelitian ini bersumber dari guru dan siswa di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukan upaya guru dalam membina moral peserta didik berdasarkan ajaran Tri kaya parisudha. Mulai dari penekanan terhadap pentingnya berpikir yang baik, hingga diarahkan peserta didik untuk selalu berucap yang baik, dengan seluruh Masyarakat di lingkungan sekolah, hingga diteruskan ke lingkungan keluarga dan Masyarakat. Dari ucapan para guru yang selalu memperhatikan tingkah laku peserta didik, yang dalam hal ini juga mengarahkan perbuatan sesuai dengan ajaran kayika parisudha. Dapat disimpulkan bahwa guru memainkan peran kunci dalam penanaman nilai moral berdasarkan pada ajaran Tri kaya parisudha. Berdasarkan ajaran tersebut guru dapat mengarahkan siswa untuk berpikir, berbicara, dan berperilaku dengan baik, serta mempromosikan nilai-nilai seperti toleransi, cinta kasih, tata karma, dan sopan santun. Ajaran tersebut penting untuk ditanamkan, sehingga siswa kelak dapat menjadi individu yang berkarakter positif.

Downloads

Published

2023-10-31

Issue

Section

##section.default.title##
Abstract viewed = 78 times