Peranan Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Denpasar

Penulis

  • I Gede Mahendra Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Nyoman Sueca Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • A.A. Diah Indrayani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v6i2.5597

Kata Kunci:

peranan guru, karakter profil pelajar pancasila

Abstrak

Karakter Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk perwujudan pelajar sepanjang hayat yang berkompeten, berkarakter, dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Penelitian ini berfokus pada analisis mendalam mengenai tigas aspek utama yakni : (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti (PAHBP) dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila (2) Model pembelajaran yang digunakan guru dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila, (3) Dampak peranan guru pendidikan agama Hindu dan budi pekerti dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti (PAHBP), model pembelajaran yang diaplikasikan, serta untuk mendeskripsikan dampak peranan guru pendidikan agama Hindu dan budi pekerti dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini menggunakan kerangka teori yang mencakup perspektif teori kognitif, konstruktivisme dan behavioristik. Subjek penelitian ini melibatkan guru pendidikan agama Hindu dan budi pekerti serta seluruh siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila dilaksanakan dengan perencanaan dan strategi yang komprehensif untuk mencapai tujuan dalam pembentukan karakter. (2) model pembelajaran utama yang digunakan diantaranya meliputi, model pembelajaran discovery learning, cooperative learning dan project based learning. (3) Dampak peranan guru pendidikan agama Hindu dan budi pekerti dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila berdampak positif pada peningkatan moral dan etika siswa, mengasah kemampuan berpikir kritis dan analisis siswa, serta membentuk kepribadian siswa agar selaras dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-04

Cara Mengutip

Mahendra, I. G., Sueca, I. N., & Indrayani, A. D. (2025). Peranan Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Denpasar. UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 6(2), 188–197. https://doi.org/10.25078/up.v6i2.5597
Abstrak viewed = 16 times