PENGEMBANGAN MEDIA TAMAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KIDDI CARE

pengembangan media taman belajar untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di kiddie care

Authors

  • Sulastya Ningsih Universitas Negeri Gorontalo
  • Andi Marshanawiah Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurul Maulida Alwi Universitas Negeri Gorontalo
  • Ryan Hidayat Rafi’ola Universitas Negeri Gorontalo
  • Iyan Sofyan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3117

Keywords:

Kognitif , Media Taman Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan cara anak menyesuaikan diri dan menginterpretasikan objek dengan peristiwa di lingkungan sekitarnya serta membantu anak memecahkan masalah dan mengembangkan daya ingat.  Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan produk yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, yaitu media Taman belajar untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia dini yang bisa digunakan sebagai alat permainan edukatif. Penelitian ini menggunakan Research and Development serta menggunakan prosedur penelitian dari Borg and Gall dengan melalui beberapa tahapan secara sistematis. Dilakukan berbagai macam rangakaian Uji coba pada penelitian ini yakni uji coba ahli media dan ahli materi, serta uji coba produk di Kiddi Care. Hasil penilaian terhadap kelayakan media memperoleh nilai skor 85% dengan kriteria “Sangat Layak”, kemudian penilaian dari ahli materi memperoleh nilai skor 90% dengan kriteria “Sangat Layak”. Oleh karena itu produk berupa media Taman Belajar bisa digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran yang menarik untuk perkembangan kognitif pada anak usia dini

References

Billett, S. (2017). Theorizing the Cooccurrence of Remaking Occupational Practices and Their Learning. Practice Theory Perspectives on Pedagogy and Education, 68-86. DOI: 10.1007/978- 981-10-3130-4_4.

Briggs, L. J. (1977). Instructional Design,Educational Technology. Englewood Cliffs.

Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529

Feri Faila Sufa , Ch. Evy Tri Widyahening. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Matematika dalam Perkembangan Kognitif anak usia dini . Volume 7 Issue 3 (2023) Pages 3819-3830 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Gall, B. dan. (1983). Educational Research: An Introduction. Longman Inc.

Gustiana, D., Mering, A., Tanjungpura, U., Cetak, M., & Education, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Gambar Cetak Tematik. 10(2), 505–512.

Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529

Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.

Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275

Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.

Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.

Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160

Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529

Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.

Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275

Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.

Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.

Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160

Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529

Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.

Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275

Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.

Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.

Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160

Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529

Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.

Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275

Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.

Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.

Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160

Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Dunekacke, S., Jegodtka, A., Koinzer, T., Eilerts, K., & Jenßen, L. (2021). Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. In Early Childhood Teachers’ Professional Competence in Mathematics. https://doi.org/10.4324/9781003172529

Gustiana, D., Mering, A., Tanjungpura, U., Cetak, M., & Education, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Gambar Cetak Tematik. 10(2), 505–512.

Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.

Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275

Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.

Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.

Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160

Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Hafidhlatil Kiromi, I., & Yanti Fauziah, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3, 48–59.

Hidayanah, L. M., Mustikasari, R., & ... (2022). Permainan Menara Binatang Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. … Anak Usia Dini, 2(2), 76–85. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/215%0Ahttps://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/download/215/275

Izzati Lailatul. (2020). Pengaruh Metode Cerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. Halaman 472-481Volume 4 Nomor 1 Tahun.

Koesmadi, D. P. (n.d.). (2018). Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Dan Klasifikasi Pada Anak.

Maimanah, S., Musayyadah, & Prasetyo, D. (2022). Pengembangan Media Labirin Berbasis Loose Part untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 25–35. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2935

Masykouri, P. &. (2011). Bermain bagi AUD dan Alat Permainan yang Sesuai Usia anak. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Mulyasa, E. (2005).Menjadi Guru Profesional.Bandung:PT. Remaja Rosda Karya

Musbikin, I. (2010). Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana

Parwati, dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif. Jurnal PAUD Undiksha

Pudjiati, S. . R. (2011). Bermain bagi AUD dan alat permainan yang sesuai bagi usia anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 28.

Putri, V. L. (2021). Pengembangan media frueelin untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25–34.

Rizkia Windia P. (2017). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Pada Fase Review Kegiatan Pembelajaran Pada Sentra Balok Di Tk Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Artikel Ilmiah

Ribner, A., Moeller, K., Willoughby, M., & Blair, C. (2018). Cognitive Abilities and Mathematical Competencies at School Entry. Mind, Brain, and Education, 12(4), 175–185. https://doi.org/10.1111/mbe.12160

Salkind, N J. (2009). Teori-teori Perkembangan Manusia. Bandung: Nusa Media

Santrock, J W. (2007). Perkembangan Anak (Volume 1). Jakarta: Erlangga.

Saputra, A., & Suryadi, L. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pelangi, 2(2), 198–206. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582

Schunk, D H., (2012). Learning Theories (Ed). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Thiel, O., & Jenssen, L. (2018). Affective-motivational aspects of early childhood teacher students’ knowledge about mathematics. European Early Childhood Education Research Journal, 26(4), 512–534. https://doi.org/10.1080/1350293X.2018.1488398

Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03

Veronica, Nina. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 2 agustus P-Issn: 2599-0438; E-Issn: 2599-042x

Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91

Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Ningsih, S. ., Marshanawiah , A. ., Alwi , N. M. ., Rafi’ola, R. H. . ., & Sofyan, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA TAMAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KIDDI CARE : pengembangan media taman belajar untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di kiddie care. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 156–170. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3117
Abstract viewed = 233 times