SIKAP ORANG TUA DAN GURU TENTANG TEKNOLOGI DIGITAL BERBASIS MEDIA APLICATION TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.3116Keywords:
Early childhood; Attitude; Digital TechnologyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap orang tua dan guru tentang teknologi digital dan hubungan sikap mereka dengan perkembangan bahasa anak. Penelitian ini dilakukan dengan kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil dilakukan secara area sampling, sembilan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Taktakan Kota Serang. Data penelitian yang diperoleh dengan membagikan kuesioner tentang sikap guru tentang teknologi digital, sikap orang tua tentang teknologi digital dan perkembangan bahasa anak kepada 60 subyek, 20 guru dan 40 orang tua. Untuk analisis datanya dilakukan dengan analisis deskriptif, uji formalitas, analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan 1) sikap guru tentang teknologi digital pada anak usia dini rata-rata tertinggi 2.85 dan yang terendah adalah 2.55, yang menunjukkan sikap ”setuju”; 2) sikap orang tua tentang teknologi pada anak usia dini rata-rata tertinggi 2.33 dan yang terendah 2.18, yang menunjukkan sikap ”kurang setuju”; 3) Sikap guru tentang teknologi digital terhadap perkembangan bahasa diperoleh menunjukkan bahwa variabel sikap guru tentang teknologi digital tidak berhubungan dengan perkembangan bahasa; 4) hubungan sikap orang tua tentang teknologi digital terhadap perkembangan bahasa anak secara signifikan tidak berhubungan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa sikap guru dan orang tua terhadap teknologi digital mungkin bukan faktor dominan yang memengaruhi perkembangan bahasa anak pada tahap awal pendidikan. Oleh karena itu, pendekatan dan faktor-faktor lain mungkin perlu dipertimbangkan untuk memahami perkembangan bahasa anak secara lebih komprehensif. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melibatkan lebih banyak variabel yang mungkin memengaruhi perkembangan bahasa anak, seperti interaksi sosial, lingkungan belajar, dan jenis teknologi digital yang digunakan.
References
Aulia Septyani, R., Lestari, P., Suryawan, A., Studi Kebidanan, P., Ilmu Kesehatan Masyarakat, D., & Ilmu Kesehatan Anak, D. (2023). Hubungan Intensitas Penggunaan Gawai Sejak Dini dengan Risiko Keterlambatan Perkembangan Bicara dan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun. Sari Pediatri, 24(5), 320–326. https://doi.org/10.14238/SP24.5.2023.320-6
Brantasari, Mahkamah. Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. (2022). Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 42-51. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.119
Coban, Andrew. “On Pandemics, Technology, and Early Childhood Education: An Opinion Piece.” Https://Doi.Org/10.1080/00094056.2020.1846393 96, no. 6 (November 1, 2020): 66–69. https://doi.org/10.1080/00094056.2020.1846393.
Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://doi.org/10.15575/JAPRA.V2I1.5315
Douglas H. Clements and Julie Sarama. “Early Childhood Corner: The Role of Technology in Early Childhood Learning.” Teaching Children Mathematics 8, no. 6 (February 1, 2002): 340–43. https://doi.org/10.5951/TCM.8.6.0340.
Fertiliana Dea, A. Setiawan, and L. Asmiyati, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Media Kartu Gambar,” Murhum: Jurnal Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 53–64, Jul. 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i1.6.
Gjelaj, Majlinda; Buza, Kastriot; Shatri, Kyvete; Zabeli, Naser. “Digital Technologies in Early Childhood: Attitudes and Practices of Parents and Teachers in Kosovo, International Journal of Instruction,.” International Journal of Instruction 13, no. 1 (2020): 165–84. https://eric.ed.gov/?id=EJ1239303.
Gusti, N., Made, A., Lestari, Y., Ni, O., & Made, G. A. (2018). Stimulasi Membaca Permulaan Anak Usia Dini. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.25078/PW.V3I2.731
Handayani, Purbasari, and Setiawan, “Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga,” Refleks. Edukatika: Jurnal Ilmu Kependidikan, vol. 11, no. 1, pp. 16–23, 2020, doi: 10.24176/re.v11i1.4223.
Junita and L. Anhusadar, “Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun,” Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 57–63, 2021, doi: 10.24853/yby.v5i2.11002.
Komang Ayu Sugiartini, ”MetodePemberian Tugas Melalui KegiatanKolaseBerbantuan Media Alamuntuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak”, dalam e- Journal PG-PAUD UniversitaS Pendidikan Ganesha, Vol. 2 No. 1, 2014, h.
Lankshear, Colin, and Michele Knobel. “New Technologies in Early Childhood Literacy Research: A Review of Research:” Http://Dx.Doi.Org/10.1177/14687984030031003 3, no. 1 (July 24, 2016): 59–82. https://doi.org/10.1177/14687984030031003.
Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Marsh, Jackie. “Young Children’s Play in Online Virtual Worlds:” Http://Dx.Doi.Org/10.1177/1476718X09345406 8, no. 1 (February 22, 2010): 23–39. https://doi.org/10.1177/1476718X09345406.
Mertala, P. “Teachers’ Beliefs about Technology Integration in Early Childhood Education: A Meta-Ethnographical Synthesis of Qualitative Research.” Computers in Human Behavior 101 (December 1, 2019): 334–49. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2019.08.003.
Morrison, George S.. Mary Jean Woika, L. B. (2016). Fundamentals of Early Childhood Education, 9th edition (9 ed.). Pearson Education.Muhiyatul Huliyah. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2016). http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193.
Mulqiah, E. Santi, and D. R. Lestari, “Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun),” Dunia Keperawatan, vol. 5, no. 1, p. 61, 2017, doi: 10.20527/dk.v5i1.3643.
Ni’mah and Z. Nikmah, “Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Pola Asuh Demokratis,” Atthiflah: Journal Early Childhood Islam. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 79–91, Jan. 2020, doi: 10.54069/atthiflah.v7i1.93.
Noermanzah, S. Syafryadin, O. W. Castrena, and S. Abid, “Rhetoric Structure of the Master of Ceremony and the Function of the Akikah Event in Lubuklinggau City,” Jurnal English Education Teaching, vol. 4, no. 2, pp. 232–247, Jun. 2020, doi: 10.33369/jeet.4.2.232-247.
Putu Yoga Purandina Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, I. (2021). Implementasi Media Digital Untuk Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. PRATAMA WIDYA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 66–78. https://doi.org/10.25078/PW.V6I1.2086
Ramelan, H., Novianti, R., & Kurnia, R. (2019). The Effect of Gadget Use Intensity towards the Speaking Ability of Early Childhood. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences, 0(0), 356–360.Restiani, S. Saparahayuningsih, and M. Ardina, “Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Anak Di Kelompok A Paud IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara,” Jurnal Potensia, vol. 2, no. 1, pp. 23–32, 2017.
Raslimin and L. O. Anhusadar, “Penerapan Sikap terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa MTSN I Wakatobi,” 2018. doi: 10.31332/zjpi.v4i1.1000.
Robiatus Salamah, Supriyadi, “Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini,” Golden Age: Jurnal Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2021, doi: 10.29313/ga.
Shaleh, B. Batmang, and L. Anhusadar, “Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4726–4734, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2742.
Siti Sholichah and D. Ayuningrum, “Efektifitas Kegiatan Kajian Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Terhadap Pengasuhan Anak Usia Dini,” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 1–9, Dec. 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i2.41.
Stephen, Christine, and Susan Edwards. “Young Children Playing and Learning in a Digital Age: A Cultural and Critical Perspective.” Young Children Playing and Learning in a Digital Age: A Cultural and Critical Perspective, November 27, 2017, 1–160. https://doi.org/10.4324/9781315623092/YOUNG-CHILDREN-PLAYING-LEARNING-DIGITAL-AGE-CHRISTINE-STEPHEN-SUSAN-EDWARDS.
Straker, Leon, Juliana Zabatiero, Susan Danby, Karen Thorpe, and Susan Edwards. “Conflicting Guidelines on Young Children’s Screen Time and Use of Digital Technology Create Policy and Practice Dilemmas.” The Journal of Pediatrics 202 (November 1, 2018): 300–303. https://doi.org/10.1016/J.JPEDS.2018.07.019.
Suryana, Dadan. “Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak.” Jurnal Pesona Dasar 2, no. 1 (2014).
Suryani, R., & Hazizah, N. (2023). Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Digital Anak di Era Teknologi di Nagari Aia Manggih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4790–4797. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V7I1.5995
Undheim, Marianne. “Children and Teachers Engaging Together with Digital Technology in Early Childhood Education and Care Institutions: A Literature Review.” European Early Childhood Education Research Journal, 2021. https://doi.org/10.1080/1350293X.2021.1971730/SUPPL_FILE/RECR_A_1971730_SM0170.DOCX.
Wang, Feng, Mable B. Kinzie, Patrick McGuire, and Edward Pan. “Applying Technology to Inquiry-Based Learning in Early Childhood Education.” Early Childhood Education Journal 2009 37:5 37, no. 5 (December 6, 2009): 381–89. https://doi.org/10.1007/S10643-009-0364-6.
Widya, P., Pendidikan Anak Usia Dini, J., & Ketut Suparya Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, I. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 5(2), 191–201. https://doi.org/10.25078/PW.V5I2.1767
Zabatiero, Juliana, Leon Straker, Ana Mantilla, Susan Edwards, and Susan Danby. “Young Children and Digital Technology: Australian Early Childhood Education and Care Sector Adults’ Perspectives:” Https://Doi.Org/10.23965/AJEC.43.2.02 43, no. 2 (June 1, 2018): 14–22. https://doi.org/10.23965/AJEC.43.2.02.
Zahro and N. A. R. Kusrini, “Optimalisasi Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran,” Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, vol. 1, no. 1, pp. 12–24, 2018, doi: 10.31538/aulada.v1i1.212.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abda Billah Faza Muhammadkan Bastian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.