PRAKTIK YOGA ASANA DALAM MENINGKATKAN KEBUGARAN DAN KECERDASAN SISWA DI SD NEGERI 19 DAUH PURI

Penulis

  • Anggun Wendraswari
  • Ni Nyoman Perni
  • I Gusti Made Widya Sena UHN IGB Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/pjah.v26i1.1861

Kata Kunci:

yoga asana, kebugaran, kecerdasan

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemudahan dalam hidup namun tidak setiap kemudahan berdampak positif dalam dunia Pendidikan. Justru dengan berbagai kemudahan tersebut semakin jauh dari arti dan makna kehidupan. Maka dari itu SD Negeri 19 Dauh Puri memberikan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kebugaran dan kecerdasan siswa di SD Negeri 19 Dauh Puri yaitu melaksanakan praktik yoga asana. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Tahapan praktik yoga asana dalam meningkatkan kebugaran dan kecerdasan siswa di SD Negeri 19 Dauh Puri. (2). Cara kerja yoga asana dalam meningkatkan kebugaran dan kecerdasan siswa di SD Negeri 19 Dauh Puri. (3). Persepsi terhadap yoga asana, baik persepsi dari sekolah, orang tua maupun siswa. 

Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori praktik untuk mengungkap tahapan yoga asana dalam meningkatkan kebugaran dan kecerdasan siswa di SD Negeri 19 Dauh Puri. Teori Behaviorisme digunakan untuk mengkaji cara kerja yoga asana dalam meningkatkan kebugaran dan kecerdasan siswa di SD Negeri 19 Dauh Puri dan persepsi terhadap yoga asana, yang meliputi persepsi dari sekolah, orang tua, dan siswa.

 Adapun faktor yang mendorong siswa belajar yoga asana di SD Negeri 19 Dauh Puri, yaitu: faktor kesehatan, kebugaran dan kecerdasan, baik kecerdasan spiritual, emosional maupun intelektual. Sistem pembelajaran yoga asana di SD Negeri 19 Dauh puri meliputi: tahap persiapan, tahap pendahuluan, tahap inti, tahap relaksasi, tahap penutup. Analisis meliputi: Praktik yoga asana bahwa gerakan surya namaskara dan asana lainnya mempunyai pengaruh yang kuat untuk menyehatkan badan yang berkaitan dengan sistem pernafasan, peredaran darah, pencernaan, syaraf, kulit, otot, tulang, sistem urine, kelenjar dan yang lainnya. Di sisi lain persepsi sekolah, orang tua maupun siswa terhadap yoga asana baik. Hal ini ditandai dengan manfaat praktik yoga asana yang dipraktikkan di SD Negeri 19 Dauh Puri banyak memberikan manfaat kepada siswa khususnya dalam kebugaran dan kecerdasan siswa Sekolah Dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 142 times