Peran Pendidikan Kesehatan dalam Kurikulum Anak Usia Dini

Authors

  • Bayu Indrayasa Kadek STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Putu Emy Suryanti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/jyk.v8i1.4701

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Anak Usia Dini, Kurikulum Terintegrasi

Abstract

Pendidikan kesehatan memiliki peran krusial dalam membentuk fondasi kehidupan sehat anak usia dini, yang berada dalam fase perkembangan kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pendidikan kesehatan terhadap perkembangan anak dan mengidentifikasi strategi untuk meningkatkan efektivitasnya dalam kurikulum. Metode yang digunakan adalah literature review sistematis, dengan pencarian literatur melalui database seperti PubMed, Scopus, dan Google Scholar, menggunakan kata kunci terkait. Data diekstraksi dari artikel penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan kesehatan dalam kurikulum anak usia dini dapat membangun kebiasaan sehat, mencegah penyakit, dan mendukung perkembangan kognitif. Temuan kunci mencakup peningkatan kesadaran anak tentang kebersihan, nutrisi, dan keselamatan, serta keterlibatan orang tua dan komunitas dalam mendukung inisiatif ini. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan pengetahuan guru, peluang untuk meningkatkan integrasi pendidikan kesehatan sangat besar. Rekomendasi studi ini mencakup kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan komunitas untuk memastikan akses dan kualitas pendidikan kesehatan yang lebih baik, guna membentuk generasi yang lebih sehat dan cerdas.

References

Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2100–2109. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234

Alkornia, S. (2018). Persepsi Orang Tua Mengenai Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Untuk Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 231–240. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1373

Allen, L., & Kelly, B. B. (2015). Transforming the workforce for children birth through age 8: A unifying foundation. In Transforming the Workforce for Children Birth Through Age 8: A Unifying Foundation. The National Academies Press.

Ambarwati, D. (2021). KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS SIDO MUKTI MANTRIJERON YOGYAKARTA. Pendidikan Guru PAUD S-1. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/17778

Brownell, C. A. (2015). Early Development of Prosocial Behavior : Current Perspectives. Infancy, 18(1), 1–7. https://doi.org/10.1111/infa.12004.Early

Cardona, M. A. (2021). Supporting Child and Student Social, Emotional, Behavioral, and Mental Health Needs. U.S. Department of Education, 1–99.

Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460

Fitriani, S. F. et al. (2022). Effectiveness of Training and Use of Si Centing Application on Knowledge and Skills of Posyandu Cadres. Jurnal PROMKES, 10(1), 24. https://doi.org/10.20473/jpk.v10.i1.2022.24-29

Hasibuan, A. R. et al. (2024). Peran Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pola Hidup Sehat di Era Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001), 305–318.

Indrawati et al. (2024). Analisis Perbandingan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Singapura dan Indonesia : Refleksi dan Implikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1197–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6034

Kurowicka, E. (2019). Health education and health promotion among preschool children. Journal of Education, Health and Sport., 9(6), 497–506.

Lamanauskas, V. et al. (2021). Health Education in Pre-school Institution: Integration, Effectiveness, Improvement. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/11360

Likhar, A. et al. (2022). Early Childhood Development and Social Determinants. Cureus, 14(9). https://doi.org/10.7759/cureus.29500

Lo, W. Y. (2021). Public Health and Early Childhood Education: An Analysis of Chinese Pre-service Teachers’ Reflections During the COVID-19 Pandemic. Frontiers in Education, 6(March), 1–7. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.654097

Maharwati, N. K., & Dinatha, N. M. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Kesehatan Melalui Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 57–69. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1497

Maulana, R., & Eliasa, E. I. (2024). Eksplorasi Ciri Khas dan Tugas Perkembangan Anak Usia Dini (2-6 Tahun): Implikasi Fisik, Kognitif, dan Sosio-Emosional dalam Pendidikan dan Pengasuhan. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 4(4).

Methley, A. M. et al. (2014). PICO, PICOS and SPIDER: A comparison study of specificity and sensitivity in three search tools for qualitative systematic reviews. BMC Health Services Research, 14(1). https://doi.org/10.1186/s12913-014-0579-0

Neil-Sztramko, S. E. et al. (2021). School-based physical activity programs for promoting physical activity and fitness in children and adolescents aged 6 to 18. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2021(9). https://doi.org/10.1002/14651858.CD007651.pub3

Nurbayinah, P. S. et al. (2023). Use of Learning Media in Supporting Health Education in Early Children. AbdimasMu UMTAS: Journal of Community Service, 2(2).

Nurhikmah. (2018). Kapita Selekta Pendidikan Konseptual Pendidikan Dari Berbagai Sudut Pandang. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Onohwosafe, P. S. (2018). The Role of Health Education in Early Childhood Education. Nigerian Journal of Health Education (NJHE), 22(2).

Page, M. J. et al. (2021). PRISMA 2020 explanation and elaboration: Updated guidance and exemplars for reporting systematic reviews. The BMJ, 372. https://doi.org/10.1136/bmj.n160

Şenol, Y., & Şenol, F. B. (2023). Health Promotion in Preschool Children. Children, 10(8), 1–11. https://doi.org/10.3390/children10081385

Siswanto, S. H. et al. (2020). The Effect of Identification and Management of Dental Health Problems on Kindergarten and Elementary School Teachers Knowledge Levels in Keputih Public Health Center (Puskesmas). Indonesian Journal of Dental Medicine, 2(1), 16. https://doi.org/10.20473/ijdm.v2i1.2019.16-18

Suyatmin, S., & Sukardi, S. (2018). Development of Hygiene and Healthy Living Habits Learning Module for Early Childhood Education Teachers. Unnes Journal of Public Health, 7(2), 89–97. https://doi.org/10.15294/ujph.v7i2.19470

Wijayanti, A. et al. (2024). Pendidikan dan Promosi Kesehatan. PT Nuansa Fajar Cemerlang Jakarta.

Published

2025-03-31

Issue

Section

Abstract viewed = 36 times