Peran Pendidikan Kesehatan dalam Kurikulum Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25078/jyk.v8i1.4701Keywords:
Pendidikan Kesehatan, Anak Usia Dini, Kurikulum TerintegrasiAbstract
Pendidikan kesehatan memiliki peran krusial dalam membentuk fondasi kehidupan sehat anak usia dini, yang berada dalam fase perkembangan kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pendidikan kesehatan terhadap perkembangan anak dan mengidentifikasi strategi untuk meningkatkan efektivitasnya dalam kurikulum. Metode yang digunakan adalah literature review sistematis, dengan pencarian literatur melalui database seperti PubMed, Scopus, dan Google Scholar, menggunakan kata kunci terkait. Data diekstraksi dari artikel penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan kesehatan dalam kurikulum anak usia dini dapat membangun kebiasaan sehat, mencegah penyakit, dan mendukung perkembangan kognitif. Temuan kunci mencakup peningkatan kesadaran anak tentang kebersihan, nutrisi, dan keselamatan, serta keterlibatan orang tua dan komunitas dalam mendukung inisiatif ini. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan pengetahuan guru, peluang untuk meningkatkan integrasi pendidikan kesehatan sangat besar. Rekomendasi studi ini mencakup kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan komunitas untuk memastikan akses dan kualitas pendidikan kesehatan yang lebih baik, guna membentuk generasi yang lebih sehat dan cerdas.
References
Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2100–2109. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234
Alkornia, S. (2018). Persepsi Orang Tua Mengenai Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Untuk Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 231–240. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1373
Allen, L., & Kelly, B. B. (2015). Transforming the workforce for children birth through age 8: A unifying foundation. In Transforming the Workforce for Children Birth Through Age 8: A Unifying Foundation. The National Academies Press.
Ambarwati, D. (2021). KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS SIDO MUKTI MANTRIJERON YOGYAKARTA. Pendidikan Guru PAUD S-1. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/17778
Brownell, C. A. (2015). Early Development of Prosocial Behavior : Current Perspectives. Infancy, 18(1), 1–7. https://doi.org/10.1111/infa.12004.Early
Cardona, M. A. (2021). Supporting Child and Student Social, Emotional, Behavioral, and Mental Health Needs. U.S. Department of Education, 1–99.
Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460
Fitriani, S. F. et al. (2022). Effectiveness of Training and Use of Si Centing Application on Knowledge and Skills of Posyandu Cadres. Jurnal PROMKES, 10(1), 24. https://doi.org/10.20473/jpk.v10.i1.2022.24-29
Hasibuan, A. R. et al. (2024). Peran Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pola Hidup Sehat di Era Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001), 305–318.
Indrawati et al. (2024). Analisis Perbandingan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Singapura dan Indonesia : Refleksi dan Implikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1197–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6034
Kurowicka, E. (2019). Health education and health promotion among preschool children. Journal of Education, Health and Sport., 9(6), 497–506.
Lamanauskas, V. et al. (2021). Health Education in Pre-school Institution: Integration, Effectiveness, Improvement. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/11360
Likhar, A. et al. (2022). Early Childhood Development and Social Determinants. Cureus, 14(9). https://doi.org/10.7759/cureus.29500
Lo, W. Y. (2021). Public Health and Early Childhood Education: An Analysis of Chinese Pre-service Teachers’ Reflections During the COVID-19 Pandemic. Frontiers in Education, 6(March), 1–7. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.654097
Maharwati, N. K., & Dinatha, N. M. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Kesehatan Melalui Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 57–69. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1497
Maulana, R., & Eliasa, E. I. (2024). Eksplorasi Ciri Khas dan Tugas Perkembangan Anak Usia Dini (2-6 Tahun): Implikasi Fisik, Kognitif, dan Sosio-Emosional dalam Pendidikan dan Pengasuhan. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 4(4).
Methley, A. M. et al. (2014). PICO, PICOS and SPIDER: A comparison study of specificity and sensitivity in three search tools for qualitative systematic reviews. BMC Health Services Research, 14(1). https://doi.org/10.1186/s12913-014-0579-0
Neil-Sztramko, S. E. et al. (2021). School-based physical activity programs for promoting physical activity and fitness in children and adolescents aged 6 to 18. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2021(9). https://doi.org/10.1002/14651858.CD007651.pub3
Nurbayinah, P. S. et al. (2023). Use of Learning Media in Supporting Health Education in Early Children. AbdimasMu UMTAS: Journal of Community Service, 2(2).
Nurhikmah. (2018). Kapita Selekta Pendidikan Konseptual Pendidikan Dari Berbagai Sudut Pandang. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Onohwosafe, P. S. (2018). The Role of Health Education in Early Childhood Education. Nigerian Journal of Health Education (NJHE), 22(2).
Page, M. J. et al. (2021). PRISMA 2020 explanation and elaboration: Updated guidance and exemplars for reporting systematic reviews. The BMJ, 372. https://doi.org/10.1136/bmj.n160
Şenol, Y., & Şenol, F. B. (2023). Health Promotion in Preschool Children. Children, 10(8), 1–11. https://doi.org/10.3390/children10081385
Siswanto, S. H. et al. (2020). The Effect of Identification and Management of Dental Health Problems on Kindergarten and Elementary School Teachers Knowledge Levels in Keputih Public Health Center (Puskesmas). Indonesian Journal of Dental Medicine, 2(1), 16. https://doi.org/10.20473/ijdm.v2i1.2019.16-18
Suyatmin, S., & Sukardi, S. (2018). Development of Hygiene and Healthy Living Habits Learning Module for Early Childhood Education Teachers. Unnes Journal of Public Health, 7(2), 89–97. https://doi.org/10.15294/ujph.v7i2.19470
Wijayanti, A. et al. (2024). Pendidikan dan Promosi Kesehatan. PT Nuansa Fajar Cemerlang Jakarta.