Pengaruh Acroyoga Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Mahasiswa UKM Yoga Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.25078/jyk.v7i2.3956Keywords:
Acroyoga, Kepercayaan Diri, MahasiswaAbstract
Problematika penurunan kualitas mahasiswa di Indonesia yang disebabkan oleh rendahnya kepercayan diri dapat diminimalisir dengan melakukan aktivitas fisik yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri tersebut, serta adanya pengaruh positif yoga terhadap kepercayaan diri. Maka penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh acroyoga terhadap tingkat kepercayaan diri mahasiswa UKM Yoga di Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Metode penelitian yang adigunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain aQuasi-Eksperimental jenis "Non-Equivalent Pre-Test-Post-Test Control Group Design". Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup 35 item mengenai tingkat kepercayaan diri dan struktur inti acroyoga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam tingkat akepercayaan diri mahasiswa yang mengikuti intervensi acroyoga, sementara tingkat akepercayaan diri mahasiswa pada kelompok kontrol tidak mengalami perubahan yang signifikan. Analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data post-test kelompok aintervensi dan post-test kelompok kontrol, serta antara data pre-test dan post-test kelompok intervensi. Temuan ini mengindikasikan adanya pengaruh positif yang signifikan dari acroyoga terhadap tingkat kepercayaan diri mahasiswa UKM Yoga. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mempertimbangkan acroyoga sebagai metode potensial untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa, yang dapat berkontribusi pada pengembangan diri dan kesejahteraan mereka.
References
Ahdiat, A. (2022, Oktober 20). Proporsi Masyarakat Global yang Jarang Olahraga. Retieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/20/who- mayoritas-remaja-jarang olahraga
Antaranews. (2012, Agustus 4). Latihan Yoga Tumbuhkan Rasa Percaya Diri. Retrived from https://bali.antaranews.com/berita/25985/latihan-yoga- tumbuhkan-rasa-percaya-diri
Ardani & Ardi, T. (2015). Perbedaan tingkat kepercayaan diri (self confident) ditinjau dari posisi urutan kelahiran (birthorder) mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang (Thesis). Malang: UIN Maliki.
Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi. 1(1), 32–43. https://doi.org/10.4000/adlfi.2398.
D'Angour, A. (2013). Plato and play: Taking education seriously in ancient Greece. American Journal of Play, 5(3), 293-307.
Faizah, F., Marmer, F. V., Aulia, N. N., Rahma, U., & Dara, Y. P. (2020). Self-esteem dan resiliensi sebagai prediktor penyesuaian diri mahasiswa baru di Indonesia. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 335–352.
Fitri, E., Zola, N., Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-5.
Harris, R. (2011). The confidence gap: A guide to overcoming fear and self-doubt.Shambhala Publications.
Ilhan, A., & Bardakci, U. S. (2020). Analysis on the Self-Confidence of University Students According to Physical Activity Participation. African Educational Research Journal, 8(1), 111-114.
Kamnuron, A., Hidayat, Y., & Nuryadi, N. (2020). Perbedaan Kepercayaan Diri Pada Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Physical Activity Journal (PAJU), 1(2), 133-141.
Maulida, F. (2020). Hubungan antara body image dengan kepercayaan diri pada mahasiswa (Doctoral dissertation). Universitas Islam Indonesia.
Menpora RI. (2010). Rencana Strategis Kementerian Pemuda dan Olahraga Tahun 2010 ± 2014. Jakarta: Kemenpora RI.
Niller, E. (2013, Oktober 21). Why yoga is still dominated by women despite the medical benefits to both sexes. Retrived from https://www.washingtonpost.com/national/health-science/why-yoga-is-still-dominated-by-women-despite-the-medical-benefits-to-both- sexes/2013/10/21/a924bed2-34f5-11e3-80c6-7e6dd8d22d8f_story.html
Piran, A. Y. A., Yuliwar, R., & Ka’arayeno, A. J. (2017). Hubungan Antara Penerimaan Diri dengan Kepercayaan Diri dalam Interaksi Sosial pada Remaja Penyandang Cacat Fisik di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kecamatan Sukun Malang. Nursing News, 2(1), 578-597.
Rasadi. (2018). Tingkat Kepercayaan Diri Mahasiswa Berprestasi Belajar Rendah (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Saleh, M. (2019). Latihan dan aktivitas fisik untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. JPOS (Journal Power of Sports), 2 (1) 2019, (12-22).
Setiowati, A. (2016). Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Teknik Permainan Pada Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 2(1), 18-24.
Situmorang, R. (2020). Hubungan Senam Prenatal Yoga dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Primigravida Trimester III. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9 (3): 178-183.
Sugata, P.R.D. (2022). Pengaruh Pranayama terhadap Peningkatan Kapasitas Vital Paru pada Remaja di Santi Srama Bulaki Studio Yoga (Skripsi). Denpasar : Universitas Hindu Negeri IGBS Denpasar.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian &Pengembangan Research Develoment. Alfabeta.
Uhnsugriwa, P. H. (September 4, 2021). Bermanfaat Dongkrak Percaya Diri, HMJ Yoga dan Kesehatan Gelar Workshop Acroyoga. Retrieved from https://uhnsugriwa.ac.id/berita-ihdn/bermanfaat-dongkrak-percaya-diri-hmj- yoga-dan-kesehatan-gelar-workshop-acro-yoga/