Manfaat Meditasi dan Kids Yoga untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Saat Diberikan Imunisasi di SD Negeri 1 Kukuh Kerambitan

Authors

  • Kadek Sri Ariyanti Prodi DIV Promosi Kesehatan Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Anak Agung Sagung Ratu Putri Saraswati Prodi DIV Promosi Kesehatan Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Ni Made Padma Batiari Prodi DIV Promosi Kesehatan Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Putu Arik Herliawati STIKES Advaita Medika Tabanan https://orcid.org/0000-0003-4693-1065
  • Lina Darmayanti Bainuan Prodi DIII Kebidanan Universitas Triatma Mulya

DOI:

https://doi.org/10.25078/jyk.v7i1.3147

Keywords:

Imunisasi, Kecemasan, Kids Yoga, Meditasi

Abstract

Imunisasi yang diberikan kepada anak sekolah dapat menimbulkan ketakutan dan kecemasan. Ketakutan dan kecemasan anak sebelum diberikan imunisasi dapat menimbulkan reaksi - reaksi ketika pelaksanaan imunisasi, misalnya anak menangis atau menolak untuk diimunisasi. Meditasi dan kids yoga dapat dilakukan untuk mengurangi ketakutan dan kecemasan anak menjelang imunisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat meditasi dan kids yoga untuk mengurangi kecemasan saat diberikan imunisasi. Desain kualitatif dipergunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa yang mendapatkan imunisasi serta mengikuti latihan meditasi dan kids  yoga. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan triangulasi, dengan informan kunci adalah satu orang guru pembina dan satu orang tenaga kesehatan yang melakukan imunisasi. Manfaat yang diperoleh dari latihan meditasi dan kids yoga untuk mengurangi kecemasan saat diberikan imunisasi di SD Negeri 1 Kukuh Kerambitan antara lain: 1) memberikan ketenangan; 2) memberikan rasa rileks dan nyaman; 3) mengurangi rasa takut; dan 4) Mengurangi kecemasan. Latihan meditasi dan kids yoga sebaiknya diberikan secara rutin sebagai salah satu bentuk implementasi pelayanan kesehatan komplementer, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran siswa baik fisik maupun mental.

References

Aini, P. N., Mahfud, H., & Ardiansyah, R. (2021). Analisis Dampak Meditasi Terhadap Kemampuan Peserta Didik Usia Sekolah Dasar Dalam Mengelola Emosi Diri. Universitas Sebelas Maret.

Ardhia, G. A., Trikusuma, C., Luh, D., Karisma, M., & Suarya, S. (n.d.). Peran frekuensi latihan yoga terhadap tingkat kecemasan pada remaja di Kabupaten Tabanan.

Aria, K., & Dewi, P. (2019). Hinduism in Milleneal Era. http://prosiding.iahntp.ac.id

Ariyanti, K. S., Zakiah, S., Istri, C., & Pemayun, M. (2023). Manfaat Pranayama Yoga Untuk Mengurangi Kecemasan Pada Ibu Nifas di PMB Jaba Denpasar. Jurnal Yoga Dan Kesehatan, 6(1), 42–53.

Ayunah, Akhbar, M. T., & Prasrihammi, M. (2023). Analisis Dampak Meditasi Terhadap Kemampuan Mengelola Emosi Diri Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bubusan. Journal on Education, 06(01), 5879–5886.

Fitriana, J., Oktaviani, N., Aprillia, R., Nabela, R., Rani, M., & Sofiyanti, I. (n.d.). Efektivitas Yoga Anak pada Anak Prasekolah.

Halodoc. (2018). Pentingnya Meditasi untuk Anak. https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-meditasi-untuk-anak

Indriani, N. P. (2023). Latihan Yoga Asanas untuk Meningkatkan Fleksibilitas pada Anak Usia Dini. JARITA: Journal of Children’s Education and Learning Research, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.36417/jelr.v1i1.507

Kemenkes RI. (2016). Situasi Imunisasi di Indonesia. InfoDATIN.

Kemenkes RI. (2022). Pelaksanaan BIAN dalam Rangka Melindungi Anak Indonesia dari Penyakit-penyakit yang dapat Dicegah dengan Imunisasi. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan republik Indonesia.

Perbowosari, O. H. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Yoga Asanas (Vol. 1). http://www.tribunnews.com/2018/2/3,

Puri. (2015). Manfaat Yoga untuk Anak. https://www.halodoc.com/artikel/inilah-8-manfaat-yoga-untuk-anak-anak

Sariyani, M. D., Arik Herliawati, P., Winangsih, R., Kebidanan, P., Medika, A., Perkutut, T. J., 25, N., Peken, D., Tabanan, K., Tabanan, K., & Indonesia, B. (2023). MANFAAT MEDITASI MINDFULLNESS UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN FOKUS ANAK DISEKOLAH MINGGU BUDDHA. Jurnal Kebidanan, 12(1), 24–30. https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/Keb/article/view/467

Sena, I. G. M. W. (2018). Kinesiologi Yoga Asanas (Kunci Kebahagiaan Tubuh, Pikiran dan Jiwa). Jurnal Yoga Dan Kesehatan, 1(1). https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/jyk/article/view/1539/1211

Shanti, E. F. A., Sunarsih, T., Utami, N. W., & Astuti, E. P. (2022). Penerapan Yoga Kids Di Rumah Dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak. JPKM Cahaya Negeriku, 2(2), 19–24.

Suartini, E., & Andriani, D. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Imunisasi Terhadap Kecemasan Anak Pra Sekolah di Kota Tangerang Tahun 2018. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 6(2), 239–246.

Yulianti, Y., & Lestari, P. (2021). Pengaruh Terapi Yoga Anak Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Prasekolah Di Tk Perintis Geres. Journal Of Holistic And Health Sciences, 3(1).

Zolekhah, D., Shanti, E. F. A., & Astuti, E. P. (2021). Kids Yoga untuk Optimalisasi Pertumbuhan dan Perkembangan di Posyandu Pertiwi di RT 01 RW 18 Gamping Kidul Ambar Ketawang Sleman Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1477–1484.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Abstract viewed = 60 times