Pentingnya Investasi Gizi untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Kadek Bayu Indrayasa STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Putu Emy Suryanti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/jyk.v6i2.2999

Keywords:

pendidikan, anak usia dini, investasi gizi

Abstract

Anak usia dini sedang berada dalam masa keemasan, dimana semua potensi anak bertumbuh dan berkembang paling cepat. Di sisi lain, masa keemasan anak sekaligus disebut sebagai masa kritis karena apabila potensinya tidak distimulasi secara optimal dan maksimal, dapat menghambat tahapan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada permasalahan gizi ganda atau “double burden of malnutrition”, di sisi lain, Indonesia harus melakukan upaya intensif untuk mengatasi masalah gizi buruk, termasuk stunting. Di sisi lain, gizi lebih meningkat, yang pada gilirannya meningkatkan jumlah kasus penyakit tidak menular (PTM) di usia dewasa. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji manfaat investasi gizi pada anak usia dini. Metode penulisan adalah studi kepustakaan. Untuk dapat mengatasi permasalahan gizi yang terjadi, Pemerintah Indonesia menggalakkan program investasi gizi. Pendidikan gizi komprehensif merupakan pendidikan gizi yang terintegrasi dalam pendidikan anak usia dini yang termasuk dalam investasi gizi. Implementasi pendidikan gizi yang komprehensif diharapkan mampu mewujudkan kualitas generasi penerus bangsa serta sumber daya manusia yang pada akhirnya mampu mewujudkan cita-cita bangsa.

References

BPS. (2019). Profil Anak Indonesia 2019.

Herawati, N. (2012). Pedoman dan Bahan Ajar Diklat Berjenjang PTK Program Gizi dan Kesehatan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Indonesia.P.R. (2013). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013.

Indrayasa, K. B., & Suryanti, P. E. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Kegiatan Kreatif Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah. … Jurnal Pendidikan Anak Usia …, 5(2), 180–190. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1759

Indrayasa, K. B., & Suryanti, P. E. (2023). Chai’s Play, Aplikasi Parenting dan Permainan Milenial untuk Aktivitas Tumbuh Kembang Anak Usia Dini: Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 64–75.

Kebudayaan, K. dan P. (2017). Layanan Kesehatan, Gizi dan Perawatan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2014). Permendikbud No. 137 Tahun 2014.

Kemenkes, P. (2018). Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia.

Kurnia, R. (2015). Pendidikan Gizi Untuk Anak Usia Dini. Educhild, 4(2), 109–114.

Sum, T. A. (2019). Pentingnya Pendidikan Kesehatan dan Gizi Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Smart PAUD, 2(1), 43–46.

Suryana, D. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. In Dasar-Dasar Pendidikan TK. Universitas Terbuka.

Suryanti, P. E., & Indrayasa, K. B. (2022). Mendukung Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Mendongeng di Masa Belajar dari Rumah. … Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 101–110. http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/JPAUD/article/view/2417/0

Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. In Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Published

2023-09-30

Issue

Section

Abstract viewed = 213 times