Anulom Vilom : Pranayama untuk Mengatasi Kecemasan Pada Remaja

Authors

  • Ni Ketut Anjani Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
  • Ni Wayan Mutiara Nandini Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/jyk.v6i2.2922

Keywords:

kecemasan, anulom vilom, pranayama, remaja

Abstract

Kecemasan adalah perasaan subyektif dari ketegangan mental yang mengganggu sebagai reaksi umum terhadap ketidakmampuan untuk memecahkan masalah atau kurangnya rasa aman. Kecemasan sering dialami dikalangan remaja, dimana selama fase remaja banyak terjadi penyesuaian, tuntutan, kekhawatiran yang terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penyebab dan akibat dari kecemasan, beserta pranayama yang tepat untuk mengatasi kecemasan. Penelitian ini menggunakan metode literature review dan dimodifikasi dengan pendapat dan pemikiran penulis. Kesimpulannya, kecemasan disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor internal yang meliputi rendahnya tingkat religiusitas, pesimisme, takut gagal, pengalaman negatif masa lalu dan pemikiran irasional maupun faktor eksternal seperti kurangnya dukungan sosial. Kecemasan dapat mengganggu kesehatan fisik dan psikis, seperti insomnia, gangguan sistem pencernaan, penyakit jantung, dan depresi. Kecemasan dapat diatasi dengan pernapasan yang dituangkan dalam ajaran Anulom Vilom Pranayama.

References

Adhikari, Chiranjivi & Prasad Bhandari, Kama. 2015. “Prevalence and Factors Associated with Anxiety Disorder among Secondary School Adolescents of Dang District, Nepal.” Journal of Gandaki Medical College-Nepal 8:64–67.

American Psychiatric Association. 2021. “What Are Anxiety Disorders.” Psycompro.

Apriliana, I. Putu Agus. 2018. “Tingkat Kecemasan Siswa SMK Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2018.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling 8(1):37. doi: 10.25273/counsellia.v8i1.2341.

Asriati. 2023. Perkembangan Fisik Dan Psikologis Masa Dewasa.

Depkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. 2014. “Model Hubungan Antara Kepercayaan Pada Pengetahuan, Kepercayaan Pada Belajar Dengan Konsep Belajar Mahasiswa.” Empirik 5(2).

Hayati, Farhatun. 2017. “Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Wanita Menopause Di Wilayah Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.” Jurnal UIN Syarif Hidayatullah 5(8):11–12.

Imani, Rani Ilma. 2020. “Gambaran Kecemasan Pasien Preoperatif Sectio Caesarea Dengan Anestesi Spinal Di RSIA Siti Hawa Padang.” Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia 1(2):111–16. doi: 10.25077/jikesi.v1i2.33.

Jayanti, Desak Made Ari Dwi, Ni Ketut Ayu Mirayanti, and Anak Agung Raka Purwanta. 2021. “Pengaruh Yoga Pranayama Terhadap Tingkat Stres Kerja Perawat Di BRSUD Kabupaten Tabanan.” Bali Health Journal 5(1):27–39.

Karlina, Lilis. 2020. “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja.” Jurnal Edukasi Nonformal (52):147–58.

Kedang, Elisabeth Flora S., Rr Listiyawati Nurina, and Derri Tallo Manafe. 2020. “Analisi Faktor Resiko Yang Mempengaruhi Kejadian Depresi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.” Cendana Medical Journal 19(1):1–9.

Livana, P. H., Susanti, Y., & Putra, D. E. A. 2018. “Hubungan Karakteristik Keluarga Dengan Tingkat Ansietas Saat Menghadapi Kekambuhan Pasien Gangguan Jiwa.” Indonesian Journal for Health Sciences 2(1):46–57.

Lukmanulhakim, Lukmanulhakim, and Desti Agustina. 2018. “Yoga Pernapasan (Pranayama) Terhadap Kecemasan Keluarga Pasien Kritis Di Ruang ICU.” Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan 3(1):77–86. doi: 10.30604/jika.v3i1.91.

Made, and Sri Dewi. 2013. “Pengaruh Dismenorea Pada Remaja.” 323–29.

Maharani, Ni Putu Rosa Agustina. 2020. “Pranayama Sebagai Sains Spiritual.” Jurnal Yoga Dan Kesehatan 2(2):110. doi: 10.25078/jyk.v2i2.1561.

Melnychuk, Michael Christopher, Paul M. Dockree, Redmond G. O’Connell, Peter R. Murphy, Joshua H. Balsters, and Ian H. Robertson. 2018. “Coupling of Respiration and Attention via the Locus Coeruleus: Effects of Meditation and Pranayama.” Psychophysiology 55(9). doi: 10.1111/psyp.13091.

Mustika. 2019. “Buku Pedoman Model Bec.”

National Library of Medicine. 2022. “Impact of the DSM-IV to DSM-5 Changes on the National Survey on Drug Use and Health.” Psycompro.

Putu, Ni, and Erlina Partini. 2018. “Yoga Asanas Sebagai Penunjang Konsentrasi Belajar Siswa.” Yoga Dan Kesehatan 1(2).

Safitri, Niluh Ari. 2020. “Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka.” Convention Center Di Kota Tegal (938):6–37.

Shirodkar, Ayushee, Prajakta Sahastrabudhe, Ashok K. Shyam, and Parag K. Sancheti. 2019. “Which of the Two Pranayamas, Anulom Vilom or Bhastrika Is Better at Improving Maximal Oxygen Uptake in Normal Individuals?” International Journal of Health Sciences & Research (Www.Ijhsr.Org) 9(5):337.

Singh, Thingnam Nandalal, and Wangkheimayum Geetarani Devi. 2018. “Effect of Six Week Anulom Vilom Pranayama on Selected Physiological Variables among School Girls of Chandigarh.” 3(2):957–59.

Sofia, L., Ramadhani, A., Putri, E. T., &., and A. Nor. 2020. “Mengelola Overthinking Untuk Meraih Kebermaknaan Hidup.” PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat) 2(2):118.

Subbalakshmi, N. K., Saxena, S. K., and U. J. A. Urmimala, & D’Souza. 2014. “Immediate Effect of ‘Nadi - Shodhana Pranayama’ on Some Selected Parameters of Cardiovascular, Pulmonary, and Higher Functions of Brain.” Thai Journal of Physiological Sciences 18(2):10–16.

Sugata, I. Made, and Made G. Juniartha. 2022. “Implementasi Ajaran Hatha Yoga Pada Gheraṇḍa Saṁhitā Dalam Kehidupan Praktis.” Jurnal Penelitian Agama Hindu 6(4):255–71. doi: 10.37329/jpah.v6i4.1506.

Suprihanto, J., & Putri, L. P. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. UGM PRESS.

Surlya, Bittoo Kumar, and Dr. Manila Jain. 2021. “To Evaluate the Effect of OM Mantra Chanting along with Anulom Vilom Pranayama on Medical and Paramedical Students.” Journal of Anatomy and Physiology 4(3):38–43. doi: 10.36348/sijap.2021.v04i03.005.

Turangan, F. M., Saerang, D. P. E., & Sondakh, J. J. 2016. “Pengaruh Skeptisisme Profesional, Kompetensi, Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Pemeriksaan Dalam Pengawasan Keuangan Daerah Dengan Kepatuhan Pada Kode Etik Sebagai Variabel Moderating.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing 7(2). doi: https://doi.org/10.35800/jjs.v7i2.13553.

Usman, Nurhidayah, Widyastuti Widyastuti, and Ahmad Ridfah. 2021. “Teknik Deep Breathing Relaxation Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Saat Bimbingan Skripsi.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 5(2):77. doi: 10.26858/pembelajar.v5i2.19411.

Utami, Erlina R., &. Albet M. (2. 2019. “Ngaruh Instagram, Kelompok Teman Sebaya, Literasi Ekonomi, Dan Lifestyle Terhadap Perilaku Konsumtif.” JEE 7(2).

Yuhara, Novena Adi, Ellsya Angeline Rawar, and Sarah Puspita Admaja. 2020. “Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penggunaan Obat Tradisional/Herbal Dalam Pencegahan Covid-19.” Jurnal Pengadian Masyarakat (November):385–92.

Yulianti, Ni Made Riska, and Made G. Juniartha. 2022. “Pranayama Nadi Sodhana Untuk Meredakan Overthinking.” Maha Widya Duta : Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, Dan Ilmu Komunikasi 6(1):58. doi: 10.55115/duta.v6i1.1990.

Yunas, Novy Setia, and Faza Dhora Nailufar. 2021. “Pemberdayaan Ruang Inovasi Kabupaten Jombang Sebagai Komunitas Pemuda Penggerak Pembangunan Desa Dalam Optimalisasi Produk UMKM.” Surya Abdimas 5(4):561–72. doi: 10.37729/abdimas.v5i4.1371.

Published

2023-09-30

Issue

Section

Abstract viewed = 397 times