MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN KATOLIK
DOI:
https://doi.org/10.25078/jpm.v8i1.765Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus fenomenologi dengan pendekatan kualitatif cross-sectional yang bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik Swasta untuk mewujudkan dosen dan tenaga kependidikan yang profesional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dilakukan dengan membuat perencanaan rekrutmen SDM berdasarkan assessment kebutuhan dan menentukan prioritas rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan. Sedangkan upaya peningkatan mutu perguruan tinggi dilakukan dengan memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan studi lanjut baik pada perguruan tinggi nasional dan internasional, memberikan pelatihan dan pengembangan diri sesuai dengan profesi pendidik dan tenaga kependidikan pada tingkat lokal dan nasional, serta memfasilitasi pendidik (dosen) melaksanakan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).