PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANIMASI 2D PADA MATAKULIAH DASAR PERPAJAKAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA

Authors

  • I Gusti Ayu Anom Institut Bisnis Indonesia
  • Dita Ardriani Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Gede Agus Santiago Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25078/jpm.v10i01.3650

Keywords:

Taxation;, E-modules, Student Creativity

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan menjadi fokus utama peningkatan kualitas pembelajaran di era digital. Pendekatan yang menarik adalah pengembangan e-modul berbasis animasi 2D untuk mata kuliah pengantar perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui e-modul interaktif dan menarik yang muncul dari animasi 2D. Metode pengembangan e-modul melibatkan beberapa tahapan, antara lain analisis kebutuhan, desain konten, dan pengembangan animasi 2D, serta evaluasi dan revisi. Animasi 2D menyampaikan konsep perpajakan secara visual dan dinamis sehingga memudahkan siswa dalam memahami dan meningkatkan daya tarik pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menerapkan e-modul pada proses belajar siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa e-modul berbasis animasi 2D secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dalam memahami materi perpajakan. Interaksi yang diperoleh dari e-modul juga memfasilitasi pembelajaran aktif dan partisipatif. Pengembangan e-modul berbasis animasi 2D pada mata kuliah pengantar perpajakan untuk meningkatkan pemahaman konsep perpajakan dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa melalui pendekatan yang inovatif dan menarik. Penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan dinamis bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andermi, A. D., & Eliza, F. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02(02), 24–27. Retrieved from http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/101

Dadi, A. U. (2018). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Learning Organization , Di Pt . Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang, 1–270.

Handayani, P. (2020). Model Pengembangan Kurikulum untuk Memenuhi Kebutuhan Merdeka Belajar Mahasiswa Politeknik. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 1207–1212. Retrieved from https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2185

Harnani, N. (2020). Model Pembelajaran Kewirausahaan Kreatif Melalui Praktek Usaha Dalam Menumbuhkan Kreatifitas Dan Inovatif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Winaya Mukti Kota Bandung). Sosiohumaniora, 22(1), 79–87. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i1.24510

Haryadi, R., Prihatin, I., & Oktaviana, D. (2022). Pengembangan media video animasi menggunakan software powtoon untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, 11(1), 11–23.

Made, N., Trisnayanti, R., & Sugiartawan, P. (2022). Multimedia Interaktif Infografis Desa Agro Kreatif Bingin Ambe Koripan Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer Terapan Indonesia (JSIKTI), 5(2), 63–74. https://doi.org/10.33173/jsikti.178

Nisrina, S. H., Rokhmawati, R. I., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Journal, 8(2), 82–90. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451

Nurcahyo, D. E. (2021). Pembuatan Modul Elektronik (E-Modul) Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Animasi Grafis Di Prodi Film Dan Televisi Isi Surakarta. Prosiding: Seni, Teknologi, Dan Masyarakat, 4(1), 36–45.

Nurlaili, R., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2021). Pengembangan E-module Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII Berdasarkan Penelitian Analisis Korelasi Kanonik dari Persilangan Tanaman Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 213–219. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14451

Putu, N., Diantari, M., Agung, A., & Agung, G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185.

Sumarmi, Bachri, S., Irawan, L. Y., & Aliman, M. (2021). E-module in blended learning: Its impact on students’ disaster preparedness and innovation in developing learning media. International Journal of Instruction, 14(4), 187–208. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14412a

Sumarno, S., Gimin, G., Haryana, G., & Saryono, S. (2018). Desain Pendidikan Kewirausahaan Mahasiswa Berbasis Technopreneurship. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 171. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p171-186

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 70 times