ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS
DOI:
https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386Keywords:
Kurikulum Merdeka, Platform Merdeka MengajarAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk memaparkan deskirpsi atas kajian konseptual tentang kurikulum dan platform merdeka mengajar yang diwacanakan untuk digunakan setiap sekolah pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi pustaka dengan mempergunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kurikulum dan platform merdeka mengajar ditonjolkan sikap proaktif menghadapi perubahan secara progresif dan transformatif. Ini dapat dilihat dari arah pengembangan pembelajaran yang secara positif dapat memulihkan produktifitas dalam aktivitas belajar mengajar. Melalui proses pembelajaran yang berorientasi pada proyek, proses pembelajaran dapat berlangsung lebih luwes, aktif dan adaptif. Pendidik diberikan keleluasaan untuk menerapkan metode pembelajaran yang dipandang tepat bagi peserta didik sehingga pelaksanaan aktivitas belajar mengajar dapat berjalan dengan menyenangkan, lebih mendalam dan merdeka. Untuk itu, hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kurikulum dan platform merdeka belajar tersebut sesuai dengan upaya Negara Indonesia untuk mewujudkan iklim pendidikan yang berkualitas sehingga dapat melahirkan generasi yang siap beradaptasi dalam perkembangan kondisi zaman saat ini.
Downloads
References
Agustinova, D.E. 2018. Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA, Jurnal Pendidikan dan Sejarah, Vol 4 (1).
Ananda, A.P & Hudaidah. 2021. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, Vol 3 (2).
Batubara, U.N & Aman. 2019. Perkembangan Pembelajaran Sejarah Pasca Kemerdekaan-Reformasi. Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol 8 (1).
Fernandes, R. 2019. Relevansi Kurikulum 2013 dengan Kebutuhan Peserta Didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of sociology research and education, vol 6 (2).
Hadiansyah, R.R., dkk. 2020. Dinamika Perubahan Kurikulum Di Indonesia. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Arah Manajemen Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.
Insani, F.D. 2019. Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam I, vol 8 (1).
Iramdan & Lengsi, M. 2019. Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol 5 (2).
Kemdikbud RI. (2022). Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia Untuk Daerah;Rapor Pendidikan, Identifikasi, Refleksi, Benahi. Jakarta: Kemdikbud RI
Kemdikbud RI. (2022). Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia Untuk Satuan Pendidikan; Rapor Pendidikan, Identifikasi, Refleksi, Benahi. Jakarta:Kemdikbud RI
Maulida,T., dkk. 2020. Hubungan Pengembangan Dan Perkembangan Kurikulum Terhadap Tujuan Pendidikan. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Arah Manajemen Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.
Paparan Mendikbud RI Merdeka Belajar Episode Kesembilan Belas Rapor Pendidikan Indonesia. (2022). Jakarta: Kemdikbud RI. Tidak Diterbitkan
Paparan Mendikbud RI Merdeka Belajar Episode Ketujuh Program Sekolah Penggerak. (2021). Jakarta: Kemdikbud RI. Tidak Diterbitkan
Paparan Mendikbud RI Merdeka Belajar Episode Lima Belas Program Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka . (2021). Jakarta: Kemdikbud RI. Tidak Diterbitkan
Raharjo. 2020. Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif, vol 15 (1).
Ritonga, M. 2018. Politik Dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Hingga Masa Reformasi. Bina Gogik, Vol 5 (2).