KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN NO.143 INPRES TOPEJAWA KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR
Kareteristik Kepemimpinan kepala Sekolah SDN No.143 Inpres Topejawa Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v7iI.738Kata Kunci:
Kepemimpinan dan Implementasi Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Kepemimpianan Kepala Sekolah Implementasi Pendidikan Karakter Di SDN No.143 Inpres Topejawa Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan Bagaimana Kareteristik Kepemimpinan kepala Sekolah di SDN No.143 Inpres Topejawa Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, 2) Mendeskripsikan Strategi Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Pendidikan Karakter di SDN No.143 Inpres Topejawa kecamatan Mangarabombang, kabupatenTakalar
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, sumber data pada penelitian ini yakni data wawancara informan dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah SDN No. 143 Inpres Topejawa , Guru Kelas 3, 4, 5 dan 6 SDN No.143 Inpres Topejawa, Ketua Komite SDN No.143 Inpres Topejawa Dan Salah seorang siswa SDN No.143 Inpres. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive yakni berdasarkan kapasitas yang memberikan kemudahan dan kesediaan dalam wawancara, Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan yakni Kareteristik Kepemimpianan Kepala Sekolah yaitu Karateristik kepemimpinan kepala sekolah di SDN No.143 Inpres Topejawa yaitu Peka, keteladanan, setia kepada janji ( integritas ) pandai dan cakap dan Strategi Kepala Sekolah dalam implementasi Pendidikan karakter yaitu strategi pengintegrasian karakter melalui keteladanan, teguran atau Nasehat, pengkondisian lingkungan, dan kegiatan rutin/pembiasaan serta Implementasi Pendidikan karakter di SDN No.143 Inpres Topejawa melalui pengintegrasian karakter melalui kegiatan – kegiatan yang di programkan di sekolah dan Pengintegrasian Pendidikan Karakter Melalui kegiatan Pembelajaran demi terwujud Peserta didik yang berakhlak Mulia di SDN No.143 Inpres Topejawa
Berdasarkan Temuan penelitian Saran Bagi Kepala Sekolah mengusahakan agar diadakan pelatihan atau seminar yang lebih rutin tehadap guru untuk membangun karakter religius dan disiplin ini kepada peserta didik Selain itu diharapkan kreativitas yang lain dari kepala sekolah dalam meramu strategi lain dalam upaya peningkatan karakter peserta didik dan seluruh insan Pendidikan .