KEGIATAN PRAKTIKUM IPA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v7iI.586Kata Kunci:
Pratikum IPA, Mahasiswa PGSD, Pandemi Covid 19Abstrak
Kegiatan praktikum sains atau IPA merupakan bagian penting serta menjadi tuntutan kurikulum di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran IPA dengan metode praktikum pada Mahasiswa Jurusan PGSD di masa Pandemi Covid-19. Subyek penelitian adalah 64 mahasiswa dari semester III Kelas A Denpasar dan semester III Kelas B1 Denpasar. Instrumen terdiri dari penuntun praktikum IPA yang dilengkapi dengan rubrik penilaian laporan praktikum. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode praktikum yang dianalisis menyangkut beberapa aspek yaitu, persiapan, aktivitas belajar dan hasil belajar praktikum. Analisis data dilakukan sejak awal penelitian selanjutnya sepanjang penelitian berlangsung dengan tahapan; reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan praktikum IPA pada mahasiswa PGSD di masa pandemi diawali dengan penyusunan penuntun praktikum IPA oleh dosen pengampu, di mana alat dan bahan praktikum yang digunakan mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Selain itu, pemanfaatan media yang umum seperti handphone untuk merekam kegiatan praktikum IPA yang dilakukan mahasiswa di rumah dan menjadikannya video untuk diunggah di media sosial dapat melengkapi proses pembelajaran IPA. Diperoleh rata-rata skor laporan praktikum II mahasiswa lebih tinggi (91,37; 88,69)Â Â dibandingkan skor awal yaitu laporan praktikum I (90,57; 87,17). Dengan demikian pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dipraktikumkan mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan metode praktikum IPA yang diterapkan pada mahasiswa PGSD memberikan kondisi yang lebih baik terhadap pemahaman mahasiswa.
Kata Kunci: Praktikum IPA, Mahasiswa PGSD, Pandemi Covid-19