Analisis Reflektif: Instructional & Nurturant Effect Pada Implementasi Pembelajaran STEAM Melalui Lesson Study di SDN 11 Peguyangan
Kata Kunci:
STEAM, Lesson Study, , Instructional & Nurturant EffectAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instructional & nurturant effects pada implementasi pembelajaran STEAM dalam kegiatan lesson study di SDN 11 Peguyangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V dan VI, kepala sekolah, dan 4 orang guru mitra. Adapun tema yang diungkap dalam penelitian ini adalah instructional effect berupa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, dan nurturan effect yang berupa perubahan perilaku, kebiasaan, hingga gejala-gejalan lain yang dialami subjek penelitian. Sumber data primer penelitian ini adalah observasi aktivitas dan hasil belajar siswa, serta catatan hasil refleksi guru dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain; 1) instructional effect dari implementasi pembelajaran STEAM melalui lesson study ialah terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SDN 11 Peguyangan. dan 2) nurturant effect dari program ini terhadap peserta didik; a) tidak mudah puas dengan hasil pekerjaannya, b) terbuka dalam menyampaikan perasaan, c) meningkatnya antusias belajar, kepercayaan diri, dan kemampuan bekerjasama. Nurturant effect terhadap guru antara lain; a) wawasan pedagogis makin bertambah, b) terciptanya budaya kolaborasi antar guru, c) termotivasi untuk selalu menerapkan pembelajaran inovatif berpusat pada siswa, d) aktivitas literasi untuk eksplorasi berbagai strategi-strategi pembelajaran menjadi lebih intens, dan e) terbiasa melakukan refleksi di akhir pembelajaran. Sedangkan terhadap kepala sekolah meliputi; a) lebih mampu memahami karakteristik para guru dan kebutuhan di kelas, b) termotivasi untuk mengembangkan program yang berfokus pada pengembangan kompetensi guru, dan c) keterbukaan membangun jejaring/kolaborasi yang lebih luas dengan pihak-pihak eksternal.
Referensi
Abizar, H. (2017). Buku Master Lesson Study. In Yogyakarta: DIVA Press (Vol. 1).
Boyaci, D. B., & Atalay, N. (2016). A scale development for 21st Century skills of primary school students: A validity and reliability study. International Journal of Instruction, 9(1). https://doi.org/10.12973/iji.2016.9111a
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Mardlotillah, A. N., Suhartono, & Dimyati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Steam Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Kelas V Mi Hidayatul Mubtadi’in Jagalempeni. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2).
McLeod, S. (2018). Maslow ’ s Hierarchy of Needs Maslow ’ s Hierarchy of Needs. Business.
Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). Implementation Of STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - Based Early Childhood Education Learning In Semarang City. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285
Noor, F., & Ranti, M. G. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2). https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508
Plantin Ewe, L. (2020). Enhancing teachers’ relational competence: a teacher lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 9(3). https://doi.org/10.1108/IJLLS-12-2019-0081
Sa’pang, A. W., & Purbojo, R. (2020). Efikasi diri guru, pemahaman tentang karakter siswa, dan pemahaman tentang keterampilan Abad ke-21 sebagai prediktor gaya mengajar tipe fasilitator. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(2). https://doi.org/10.24854/jpu108
Santyasa, I. wayan. (2018). Student centered learning : Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25.
Sari, L. E. (2023). Penerapan Pembelajaran STEAM Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 530–543. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/1652
Sartika, D. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Lesson Study Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Guslah V Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3).
Yoshida, N., Matsuda, M., & Miyamoto, Y. (2021). Intercultural collaborative lesson study between Japan and Germany. International Journal for Lesson and Learning Studies, 10(3). https://doi.org/10.1108/IJLLS-07-2020-0045