MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN METODE MIND-MAPPING DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v9i1.3427Kata Kunci:
Project Based Learning, Mind Mapping, Sekolah DasarAbstrak
Pembelajaran berbasis proyek Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang disarankan dalam kurikulum merdeka, namun para guru masih menemui kendala dalam mengaplikasikan model ini dalam pembelajaran di kelas. Project Based Learning (PjBL) yang diintegrasikan dengan metode mind mapping berpotensi dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi diantara nya adalah, berpikir kritis, kreatif dan problem solving, dan komunikasi matematis siswa . selain itu juga Project Based Learning (PjBL) yang diintegrasikan dengan metode mind mapping dapat meningkatkan keefektifitasan dalam pembelajaran baik guru maupun siswa, dimana model Project Based Learning (PJBL) dan Mind Mapping digunakan sebagai alat bantu serta media yang dapat meningkatkan aktivitas serta kegiatan belajar siswa. Selain itu dengan mind-mapping pula anak dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkas Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah Project Based Learning (PjBL) melalui metode mind mapping di Sekolah Dasar, prinsip-prinsip Project Based Learning (PjBL), Kelebihan dan Kekurangan Project Based Learning (PjBL) dan ciri-ciri mind-mapping. Dengan mengumpulkan data melalui studi literature, penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif
Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, mind mapping, pembelajaran sekolah dasar
Referensi
Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif, 1(1), 1–10.
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91
Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2). https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915
Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE SCAFFOLDING. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630
Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.563
Faelasofi, R., Arnidha, Y., Istiani, A., Matematika, P., & Muhammadiyah Pringsewu, S. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. JURNAL E-DuMath, 1(2).
Farokhah, L., Herman, T., & Jupri, A. (2019). PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAP. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11681
FEBRIANTO, K., YUSTITIA, V., & IRIANTO, A. (2020). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flashcard Di Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 92–98. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2273
Gusmawati, M., & Montessori, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 3147–3155. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2524
HAMIDAH, A. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PJBL DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN METACOGNITIVE SKILL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA. UIN Raden Intan Lampung.
Hanisa Hanisa, & Rosmawaty Harahap. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 1(4 SE-Articles), 45–54. https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i4.143
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif tentang Peran Model Pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1).
Holm, M. (2011). Project-Based Instruction: A Review of the Literature on Effectiveness in Prekindergarten through 12th Grade Classrooms. InSight: Rivier Academic Journal, 7(2).
Hugerat, M. (2016). How teaching science using project-based learning strategies affects the classroom learning environment. Learning Environments Research, 19(3). https://doi.org/10.1007/s10984-016-9212-y
Kabanga’, T., & Bunga, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Siswa Kelas V SDN 119 Sarira. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(3), 19–22. https://doi.org/10.47178/jkip.v10i3.1466
Karim, A. (2014). Mengembangkan Berfikir Kreatif Melalui Membaca Dengan Model Mind Map. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(1).
Kemendikbud. (2018). Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang 2013. In Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang 2013.
Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804
Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.497
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19. https://doi.org/10.1177/1365480216659733
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.
Milla Minhatul Maula, Jekti Prihatin, K. F. (2014). Pengaruh Model PjBL ( Project-Based Learning ) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(2).
Mioduser, D., & Betzer, N. (2008). The contribution of project-based-learning to high-achievers’ acquisition of technological knowledge and skills. International Journal of Technology and Design Education, 18(1). https://doi.org/10.1007/s10798-006-9010-4
Mukhlison Effendi. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Novak, J., & Cañas, A. (2006). The Theory Underlying Concept Maps and How to Construct Them.
Prince, M. (2004). Does active learning work? A review of the research. In Journal of Engineering Education (Vol. 93, Issue 3). https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2004.tb00809.x
Rachayu, I., Jauhariansyah, S., & Juwita, E. (2020). PEMANFAATAN METODE DRILL AND PRACTICE PADA SUB POKOK CLASS DIAGRAM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2). https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1048
Reza, R., Ellyawati, N., & Masyanah, R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING DENGAN POWERPOINT DI SMA ISLAM TERPADU GRANADA SAMARINDA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 9(1). https://doi.org/10.24127/pro.v9i1.3835
Ritawati, B. (2019). PENGARUH PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 NGABANG. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.364
Salym, N., & Nihla Syafira. (2023). Project Based Learning Models Impact on Geography Learning During Pandemic: An Experimental Research. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 105–113. https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i2.59268
Saputri, L., Sudaryanto, & Dian, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning Dan Media Gambar Materi Membuat Cerita Kelas Ii Sd Intis School Yogyakarta. Concept and Communication, null(23).
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2).
Setyarini, D. (2019). METODE PEMBELAJARAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1).
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
The George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructional Module Project Based Learning. Edutopia.
Wijaya, H. P. I., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SESUAI DENGAN GENDER DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BALOK DAN KUBUS (STUDI KASUS PADA SISWA SMP KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 29 SEMARANG). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9).
Windura, S. (2016). Mind Map Langkah Demi Langkah. Gramedia.
Yupita, I. A., & Tjipto, W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS DI Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).