IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXCELLENT DAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3069Abstrak
Pendidikan abad 21 memiliki tugas yang lebih kompleks, bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan. Melainkan menyentuh pada keterampilan yang dibutuhkan siswa diantaranya keterampilan berpikir kritis dan adaptasi penggunaan teknologi yang harus terintegrasi dalam pembelajaran. Jika tidak demikian maka keterampilan berpikir siswa akan rendah dan juga tidak memiliki penguasaan terhadap teknologi. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran Matematika. Penyebabnya dikarenakan pembelajaran tidak berpusat pada siswa dan belum memfasilitasi berkembangnya keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hal ini akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa serta kemampuan dalam pemecahan masalah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model EXCELLENT dan media Augmented Reality Bangun Datar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbaikan kualitas pembelajaran melalui aktivitas guru, menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilakukan sebanyak 4 pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV sebanyak 21 orang. Aspek yang diamati dalam penelitian ini meliputi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Sehingga didapatkan hasil aktivitas guru pertemuan I skor 36 kriteria baki, pertemuan II skor 43 kriteria sangat baik, pertemuan III skor 45 kriteria sangat baik, dan pertemuan IV skor 48 kriteria sangat baik. Aspek keterampilan berpikir kritis pertemuan I 71,43%, pertemuan II skor 85,71, pertemuan III 90,48%, dan pertemuan IV 100% dengan kriteria seluruh siswa sangat terampil. Dan hasil belajar siswa pertemuan I 61,90%, pertemuan II skor 80,95%, pertemuan III 90,48%, dan pertemuan IV 100% dengan kriteria seluruh siswa sangat tuntas.
Kata kunci: Augmented Reality, excellent, Keterampilan Berpikir Kritis
Referensi
Abidin, Andi Mustika. 2019. “Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Didaktika 11(2):225. doi: 10.30863/didaktika.v11i2.168.
Agusta, Akhmad Riandy, and Cholis Sa’dijah. 2021. “Kesiapan Guru Melaksanakan Pembelajaran Berbasis HOTS Ditinjau Dari Pengetahuan Dan Kemampuan Mengemas Perangkat Pembelajaran Copyright © 2021 , the Authors . Published by Pendidikan Sosiologi FKIP ULM.” 3(2):402–24.
Akhmad Riandy Agusta, Akhmad, Ahmad Suriansyah, and Punaji Setyosari. 2021. “Model Blended Learning Gawi Manuntung Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.” Journal of Economics Education and Entrepreneurship 2(2):63–89.
Alvionita, Devi, Andi Basliahwanti Murti, and Abdul Rasyid Fakhrun Gani. 2021. “Studi Literasi : Pelopor Pembelajaran Bermakna Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Topik Lingkungan Di Era Merdeka Belajar.” Bioilmi: Jurnal Pendidikan 7(2):73–82. doi: 10.19109/bioilmi.v7i2.11510.
Assmarqandi, Prangga, Laila Hayati, and Hapipi Hapipi. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Pada Materi Program Linier.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 1(2):163–75. doi: 10.29303/griya.v1i2.43.
Budiono, Hendra, and Agung Utomo. 2020. “STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SEKOLAH DASAR.” Bussiness Law Binus 7(2):33–48.
Eismawati, Eka, Henny Dewi Koeswanti, and Elvira Hoesein Radia. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD.” Jurnal Matematika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 3(2):78. doi: 10.31764/justek.v1i1.416.
Evi, Tika, Endang Indarini, Universitas Kristen, Satya Wacana, and Jawa Tengah. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Abstrak.” 3(2):385–95.
Hidayat, Ari, and Nataliya. 2023. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kebiasan Baik Siswa Dalam Muatan Ppkn Menggunakan Model ‘ Batamat .’” DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 01(01):1–13.
Imtihana, Azizatul, and Eviyanti Asmaul Kusnah. 2022. “Implementation of Mind Mapping Learning Method to Improve Speaking Skills in Third Grade Students Sidoklumpuk Sdn Sidoarjo.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasa 1:183–95. doi: https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.23.
Julyanti, Eva. 2019. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Index Card Match Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Siswa Kelas VII SMP Swasta Budi Utomo Torgamba Efforts to Increase Student Learning Activities and Results by Using the Index.” 5(1):7–10. doi: https://dx.doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1237.
Kanah, Imas, and Dian Mardiani. 2022. “Kemampuan Komunikasi Dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning Dan Discovery Learning.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):255–64. doi: 10.31980/plusminus.v2i2.1825.
Khikmiyah, Fatimatul. 2021. “Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):1–12. doi: 10.30605/pedagogy.v6i1.1193.
Kurniasih, Puji Dwi, Agung Nugroho, and Sri Harmianto. 2020. “Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (Hots) Dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh.” Attadib: Journal of Elementary Education 4(1):23. doi: 10.32507/attadib.v4i1.627.
Metroyadi, Diani Ayu Pratiwi, and Faisal Adenan. 2019. “Implementasi Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repitition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Iva Sdn Sungai Lulut 5 Kota.” Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM 5(2):77–88.
Noorhapizah, Diani Ayu Pratiwi, and Karmilla Ramadhanty. 2022. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar.” JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah 2(2):613–24. doi: https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i2.3773.
Nurdyansyah; Fahynu, Eni Fariyatul. 2016. INOVASI MODEL PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM 2013. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.
Rachmantika, Arfika Riestyan, and Wardono. 2019. “Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah.” Prosiding Seminar Nasional Matematika 2(1):441.
Rahima, Line, Zain Ahmad Fauzi, and Asniwati. 2019. “Kata Kunci : Aktivitas Belajar , Model.” 5(1).
Saleh, Muhammad. 2021. “Implementasi Kombinasi Model PBL, NHT, Dan Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS.” Jurnal Simki Pedagogia 4(2):198–210. doi: 10.29407/jsp.v4i2.50.
Septiani, Erna, Toybah Toybah, and Mashannuddin Mashannuddin. 2021. “Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tema 7 Subtema 1 Keberagaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku Kelas Iv Di Sdn 08 Buay Sandang Aji.” Jurnal Inovasi Sekolah Dasar 8(2):95–102. doi: 10.36706/jisd.v8i2.15849.
Setyarini, Devi. 2019. “Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 6(1):30. doi: 10.30659/pendas.6.1.30-44.
Shochib, Muhammad. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Geometri Ruang.” 3(1):20–27. doi: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24495.
Shofina, Najiha, and Muhsinah Annisa. 2023. “Kombinasi Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Pemaknaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Karakter Wasaka Siswa Sekolah Dasar.” DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1(01):63–73.
Solekhaha, J. I. S. Poerwanti, and S. Wahyuningsih. 2020. “Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Ilmiah 6(3):117–22.
Suartini, Ni Kadek. 2020. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematka Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dasar 5(1):56–60.
Sulsel, Bpsdm, and Irhayana Halim. 2023. “Meningkatkan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Biolog.” 5407:39–48. doi: https://doi.org/10.58643/sipatokkong.v4i1.208.
Suriansyah, Ahmad, Akhmad Riandy Agusta, and Ananda Setiawan. 2021. “Model Blended Learning ANTASARI Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Memecahkan Masalah.” Journal of Economics Education and Entrepreneurship 2(2):90. doi: 10.20527/jee.v2i2.4102.
Suriansyah, Ahmad, Rizky Amelia, and Meri Aditia Lestari. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Pair And Share (TPS) Dan Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin.” Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM 5(1):27–36.
Winarni, Tuti. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Peserta Didik Kelas II SDN 1 Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018.” Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 13(1):56. doi: 10.26877/mpp.v13i1.5090.
Yunita, Ersa, and Ahmad Suriansyah. 2020. “Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Keterampilan Materi Volume Kubus Menggunakan Model Mathaciroom Pada Kelas V Di Sdn Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin.” C:125–34.