IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS III DI SDS AL FATH BSD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3039Kata Kunci:
Hasil Belajar, PPKn, Make a MatchAbstrak
Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan siswa untuk mencari pengetahuan sebagai bekal dimasa mendatag. Namun saat ini model pembelajaran banyak membuat siswa kurang antusias dalam mengikutinya. Fakta dilapangan pada hasil belajar siswa kelas 3-D SDS Al Fath BSD masih banyak nilai yang dibawah KKM. Hal tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang tradisional sehingga mempengaruhi tujuan dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran interaktif adalah Make a Match. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu Make a Match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn tentang keberagaman kekayaan khas daerah di Indonesia kelas III-D Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian yaitu 22 siswa berpartisipasi dalam kelas SD 3-D. Penelitian ini menggunakan 3 siklus yaitu pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil pra siklus didapatkan tingkat ketuntasan sebesar 31,82%, persentase itu dibawah nilai KKM ketuntasan yakni 70%. Pada siklus 1, tingkat ketuntasan 81,82%, hasil belajar sudah melampaui KKM, yaitu 70% dan pada tindakan ke-2 tingkat kelulusan 90,91%, hasil belajar di atas KKM yaitu 70%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan hasil belajar siswa ditentukan dengan model pembelajaran, media pembelajaran serta pembelajaran Make a Match mampu membuat siswa aktif, kreatif dan termotivasi pada proses pembelajaran berlangsung
Kata kunci: Hasil Belajar, PPKn, Make a Match
Referensi
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. Https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351
DPSMK. (2017). Pelaksanaan kurikulum pendidikan menengah kejuruan.
Dr. Rusman, M. P. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru (M. P. Dr. Rusman (ed.); Kedua). Rajawali Press.
Eliza, F., Suriyadi, S., & Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan kompetensi psikomotor siswa melalui model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 57–66. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.427
Faiz Amalia, A., Roysa, M., & Ismaya, E. A. (2020). Penerapan model time token berbantuan media kartu kuartet untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 643–649. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.867
Frederick, H. H., Kuratko, D. F., & Hodgetss, R. M. (2007). Entrepreneurship: theory, process, practice. Nelson Australia Pty Limited.
Hernawan, A. H. (2022). Media pembelajaran. In S. Anitah (Ed.), strategi pembelajaran di SD (2nd ed., p. 62). Universitas Terbuka.
Pane, A., Dasopang, D., & Muhammad. (2017). Belajar dan pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Romadin, A. (2020). Model pembelajaran work-based learning pada pendidikan kejuruan (landasan, orientasi, sintaks, kelebihan, penerapan pada pendidikan kejuruan di indonesia). https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/model-pembelajaran-work-based-learning-pada-pendidikan-kejuruan-landasan-orientasi-sintaks-kelebihan-penerapan-pada-pendidikan-kejuruan-di-indonesia/
Romadin, A., Nuhadi, D., & Yoto, Y. (2022). Implementation of work based learning on welding engineering expertise competency in the manufacturing industry. Journal of Vocational …, 5(1), 16–31. http://journal2.uad.ac.id/index.php/joves/article/view/5674%0Ahttp://journal2.uad.ac.id/index.php/joves/article/download/5674/2783
Romadin, A., Yoto, & Nurhadi, D. (2021). Career identification of production operators ’ position in manufacture industries. Jurnal Teknologi, Kejuruan Dan Pengajaran, 44(1), 1–9.
Suryanto, A. (2022). Pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar. In A. S. Dkk (Ed.), Evaluasi Pembelajaran di SD (2nd ed., p. 42). Universitas Terbuka.
Tirtaraharja, & La, S. (2005). Pengantar pendidikan. PT. Rineka Cipta.
Wardani. (2022). Hakikat penelitian tindakan kelas. In Wardani (Ed.), Penelitian Tindakan Kelas (2nd ed., p. 37). Universitas Terbuka.
Yusuf, F., Anitra, R., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh model pembelajaran card sort terhadap hasil belajar PPKN siswa sekolah dasar the effect of card sort learning model on civics learning outcomes of elementary school students. Of Islamic Elementary School April, 5(1), 1–12.