PENERAPAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 16 SUNGAI GOA
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v9i1.2985Kata Kunci:
Media Puzzle, , Keterampilan Membaca Permulaan, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN 16 Sungai Goa dengan menggunakan media puzzle sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus dengan model Kurt Lewin, melibatkan 16 siswa (delapan laki-laki dan delapan perempuan) pada semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat keberhasilan siswa dalam membaca hanya mencapai 55,56% dan aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru hanya mencapai 63,23%. Pada siklus II, tingkat keberhasilan siswa meningkat menjadi 82,5% dan aktivitas pembelajaran guru mencapai 85%. Sedangkan pada siklus III, tingkat keberhasilan siswa meningkat menjadi 95,05% dan aktivitas pembelajaran guru mencapai 93,75%. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dalam pembelajaran membaca permulaan dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 di SDN 16 Sungai Goa. Selain itu, media puzzle juga dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk merancang pembelajaran membaca dengan baik dan menggunakan kegiatan permainan seperti media puzzle dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat membaca siswa.
Referensi
Andriani, J., & Daryati, M. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Ape Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini: Studi Literatur. Research in Early Childhood Education and Parenting, 2(1).
Anggraini, A. R. D., & Rukmi, A. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas Ii Sdn Kecamatan Manyar Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06.
Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 tahun Di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Fatimah, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Puzzle Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.
Hidayani, H., Supriadi, S., Rusani, I., & Anwar, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang. Celebes Education Review, 3(1).
Islamiyah, N., Aziz, S. A., Tarman, T., Nadira, N., & Thaba, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scrambel Berbantuan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(1), 116–129. https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.5280
Jessica, V., Halis, A., Ningsi, D. W., Virginia, G. F., & Syahidah, . (2017). Pemberantasan Buta Aksara untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Masyarakat Sekitar Hutan Desa Manipi, Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 136. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.3.2.136-142
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Statistik Sekolah Dasar 2018/2019. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 10–15. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.720
Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 281. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488
Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Al-TA’DIB, 12(2), 226. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217
Nuraini, S., Tanzimah, T., & Hera, T. (2022). Faktor-Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II di SD Negeri 91 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3).
Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Di Paud Aiza Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3.
Rieswansyah, A. F. P., Rukmana, E. N., & Saeful, A. (2021). Tantangan dan inovasi Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang di masa pandemi Covid-19. 3(1).
Saubbaisagu, V. (2016). The Use Of Puzzle Media To Increase Science Earning Motivation Of Grade Ii Of Sd N Gedongkiwo. BASIC EDUCATION.
Suryani, A. I. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa (Studi Kasus Di SDN 105 Pekanbaru). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7860