POST-PANDEMIC LEARNING: INTEGRATION OF LOCAL WISDOM AS A LEARNING CONCEPT FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v8i1.2112Kata Kunci:
Learning Concept, Local Wisdom, Post-pandemicAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis nilai kearifan dan budaya lokal sebagai sebuah konsep pembelajaran di masa dan pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan metode studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan cara mengkaji referensi-referensi yang berkaitan dengan topik yang dikaji. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan metode triangulasi data. Hasil kajian menunjukkan bahwa untuk memaksimalkan kualitas pembelajaran dan ketercapian tujuan belajar, maka pemikiran untuk mentranformasi dan mengintegrasikan nilai kearifan dan budaya lokal dalam pembelajaran sangat penting dilakukan. Hal ini karena kearifan lokal dan budaya merupakan jembatan penghubung bagi siswa, untuk menghubungkan pengetahuan awal mereka yang diperoleh di rumah dan lingkungannya dengan pengetahuan akademik yang diperoleh di sekolah. Budaya daerah yang dapat digunakan diantaranya filosofi Tri Hita Karana dan Satua Bali. Dengan mentranformasi dan mengintegrasikan nilai kearifan dan budaya lokal dalam pembelajaran, maka siswa terbantu untuk belajar bermakna pada dan pasca masa pandemi.
Kata Kunci: Konsep Pembelajaran, Kearifan Lokal, Pasca Pandemi