ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS I SDN 05 KECAPI JEPARA
DOI:
https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.1852Kata Kunci:
Kurikulum 2013, scientific berbasis student centered, sekolah dasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membahas ada tidaknya perubahan dalam penerapan Kurikulum 2013 dan bagaimana penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran di kelas I SDN 05 Kecapi Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa dan wali kelas I SDN 05 Kecapi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kelas I SDN 05 Kecapi sedikit mengalami perubahan, di mana pembelajaran tidak dilaksanakan secara tematik terpadu, namun terpisah antar muatan pelajaran dan penggunaan buku pembelajaran juga dipisahkan antara muatan pelajaran. Namun, esensi dari K13 masih terasa dalam pelaksanaan pembelajaran, di mana materi pengajaran tetap mengacu pada K13. Pendekatan saintific berbasis student centered juga masih diterapkan pada pembelajaran di Kelas I SDN 05 Kecapi, sehingga siswa tetap aktif saat pembelajaran. Keaktifan siswa sangat tampak pada saat guru melaksanakan model pembelajaran bermain memakai media kartu angka, di mana siswa antusias dalam menjawab pertanyaan dan melakukan praktik di depan kelas. Guru juga sudah melaksanakan penilaian yang mencakup aspek kognitif (tes), afektif (observasi) dan psikomotorik (praktik).