PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI WHATSAPP GROUP PADA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 KUBU BANGLI

Penulis

  • made sutaba uhn i gusti bagus sugriwa denpasar
  • I Nyoman Kiriana uhn i gusti bagus sugriwa denpasar
  • Ni Kadek Supadmini

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.1670

Kata Kunci:

Kata kunci: Peran Guru, WhatsApp Group, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan memberikan sebuah gambaran megenai peran guru dalam menumbuhkan keaktifan peserta didik melalui whatsapp group pada masa pandemi di SD Negeri 4 Kubu Bangli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti dilaksanakan di SD Negeri 4 Kubu Bangli, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Informant dalam penelitian ini yang diambil adalah kepala sekolah, guru kelas IV dab VI serta peserta didik kelas IV dan VI. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan nantinya akan dianalisis dengan teknik deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa (1) kontribusi guru dalam menumbuhkan keaktifan peserta didik melalui whatsap group pada masa pandemi sudah sangat baik sebagai media pembelajaran. (2) kendala yang di hadapi guru dalam menumbuhkan keaktifan peserta didik melalui whatsap group yaitu diantaranya faktor sarana dan prasarana, guru, dan peserta didik. (3) upaya yang di lakukan guru dalam mengatasi kendala untuk menumbuhkan keaktifan peserta didik melalui whatsapp group pada masa pandemi yaitu diantaranya menggunakan metode yang inovatif dan kreatif, memberikan motivasi kepada peserta didik, serta sarana dan prasarana yang ada disekolah dalam mendukung proses pembelajaran.

Biografi Penulis

I Nyoman Kiriana, uhn i gusti bagus sugriwa denpasar

 

 

Ni Kadek Supadmini

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 61 times