PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE FORM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NO. 1 SIBANGGEDE KABUPATEN BADUNG

Penulis

  • I Ketut Alit Juliantara UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Made Anggreni UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Nyoman Mariani UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.1653

Kata Kunci:

Google Form, Penilaian Hasil Belajar, Pandemi Covid-19

Abstrak

Google form merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan secara gratis untuk membantu guru dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui proses penggunaan media google form pada masa pandemi covid-19, 2) Untuk mengetahui tanggapan guru dan peserta didik terhadap penggunaan media google form pada masa pandemi covid-19, 3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penggunaan media google form pada masa pandemi covid-19.

Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah teori behavioristik dari Burrhus Frederic Skinner dan Edward Lee Thorndike. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, proses penggunaan media google form pada masa pandemi covid-19 dalam penilaian hasil belajar peserta didik kelas VI di Sekolah Dasar No. 1 Sibanggede meliputi 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Tanggapan guru mengenai penggunaan media google form, yaitu mudah digunakan dan cukup efektif, tidak memerlukan banyak biaya hanya memerlukan jaringan internet yang stabil dan tanggapan peserta didik mengenai penggunaan media google form, yaitu google form mudah digunakan dan tampilannya menarik, hanya dengan mengklik link yang dibagikan melalui WhatsApp Group. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan media google form yaitu, jaringan internet tidak stabil, keterbatasan kuota internet, tidak semua peserta didik memiliki hp yang mendukung pembelajaran, masalah teknis pada perangkat yang digunakan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 89 times