Teks Geguritan Dharmakerti (Kajian Nilai-Nilai Pendidikan Karakter)

Penulis

  • I Putu Pradnyana Anggara UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Nyoman Linggih Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Dian Saputra Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v5i1.2335

Kata Kunci:

Geguritan Dharmakerti, Character Education

Abstrak

Teks Geguritan Dharmakerti merupakan salah satu karya sastra Bali klasik yang kaya akan nilai-nilai moral spiritual yang berguna di dalam kehidupan. Hal ini sudah sepantasnya untuk diperhatikan dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa terutama budaya lokal. Karya sastra geguritan diciptakan dalam bentuk kumpulan pupuh atau tembang-tembang yang beragam lengkap dengan aturannya masing-masing. Adapun masalah yang akan dibahas antara lain: (1) Bagaimanakah struktur dari teks Geguritan Dharmakerti (2) Apa fungsi teks Geguritan Dharmakerti dalam pendidikan karakter (3) Nilai-nilai pendidikan karakter apakah yang terdapat dalam teks Geguritan Dharmakerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Struktur dari teks Geguritan Dharmakerti (2) Fungsi teks Geguritan Dharmakerti dalam pendidikan karakter (3) Nilai-nilai pendidikan karakter apakah yang terdapat dalam teks Geguritan Dharmakerti. Teori yang digunakan untuk memecahan masalah dalam penelitian adalah teori struktural dari Teeuw, teori fungsi dari Robson dan teori pendidikan karakter dari Thomas Lickona. Subjek penelitian ini adalah orang-orang yang dipercaya sebagai informan. Metode pengumpulan data adalah studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis menggunakan metode analisis data hermeneutika yaitu dengan melakukan penafsiran. Hasil penelitian menunjukkan (1) Struktur dalam teks Geguritan Dharmakerti dibagi menjadi struktur formal yang  terdiri dari bait, pupuh, skema wilangan wanda, karakter dari masing-masing pupuh, dan struktur naratif yang terdiri atas latar, tokoh, alur serta tema (2) Fungsi teks Geguritan Dharmakerti  dalam pendidikan karakter yaitu fungsi didaktif (mendidik), fungsi moralitas, fungsi estetika dan rekreatif (3) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks Geguritan Dharmakerti adalah nilai pendidikan karakter beriman-bertakwa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global serta gotong royong.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-05

Cara Mengutip

Pradnyana Anggara, I. P., Linggih, I. N., & Saputra, I. M. D. (2024). Teks Geguritan Dharmakerti (Kajian Nilai-Nilai Pendidikan Karakter). UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25078/up.v5i1.2335
Abstrak viewed = 118 times