JENIS-JENIS METODE PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V

Penulis

  • Silvia Eka Sari Universitas Sriwijaya
  • Sani Safitri

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.927

Kata Kunci:

metode pembelajaran, sekolah dasar, curah pendapat, diskusi kelompok kecil, tanya-jawab

Abstrak

Pendidikan adalah komponen utama dalam mengembangkan sumber daya manusia. Dengan pendidikan yang baik maka dapat menghasilkan sumber daya manusianya yang baik pula. Dalam hal ini, tenaga pendidik berperan besar dalam mendidik anak-anak muda agar berbudi pekerti luhur, cerdas, dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa. Adapun maksud penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis metode pembelajaran yang diterapkan pada siswa-siswi di kelas V tingkat sekolah dasar di salah satu sekolah yang berada pada wilayah Talang Kelapa, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian kepustakaan dan metode penelitian deskriptif adalah metode yang digunakan oleh penulis, dimana metode penelitian kepustakaan menggunakan data yang diambil dari berbagai literatur seperti misalnya buku, artikel, tesis, skripsi, disertasi dan lainnya, sedangkan penelitian deskriptif adalah penelitian yang melacak suatu objek, sistem pemikiran, sekelompok orang ataupun peristiwa yang sedang terjadi. Penelitian deskriptif ini menggunakan dua teknik dalam pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan didapatlah beberapa metode pembelajaran yang paling sering diterapkan pada siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Talang Kelapa khusunya kelas V yaitu diantaranya terdapat metode pembelajaran curah pendapat (brainstorming), diskusi kelompok kecil (small group discussion), dan tanya-jawab (question-answer).

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 4841 times