ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Teguh Yunianto STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Qiftiy Maratul STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Atika Nur Hidayati STIT Darul Fattah Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v7iI.693

Abstrak

Abstract

Pembelajaran tematik di sekolah dasar ditata dalam bentuk pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik disekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian autentik di SDN 2 Bandar Agung diterapkan dengan cukup baik oleh para guru dan sudah sesuai aspek-aspek yang ada dalam penilaian autentik yaitu aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Tetapi dalam menerapkan model penilaian ini, masih terdapat beberapa guru yang belum memahami dan mengalami kesulitan dalam menerapkan penilaian autentik ini. Adapun kesulitan yang dihadapi guru di SDN 2 Bandar Agung yaitu kesulitan dalam menentukan kriteria penilaian, kesulitan dalam memberi skor.

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-01

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 423 times