PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 2 TONJA DENPASAR
Kata Kunci:
Persepsi Guru, Kurikulum MerdekaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penerapan kurikulum merdeka yang meliputi perencanaan kurikulum merdeka, pelaksanaan kurikulum merdeka, dan asesmen pada kurikulum merdeka yang telah terlaksana di SD Negeri 2 Tonja Denpasar.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi guru terhadap perencanaan kurikulum merdeka?, 2) Bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum merdeka?, 3) Bagaimana persepsi guru terhadap asesmen kurikulum merdeka?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner atau angket. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tertutup. Tempat dilaksanakannya penelitian ini yakni di SD Negeri 2 Tonja Denpasar selama enam bulan. Populasi penelitian yang digunakan yakni seluruh wali kelas SD Negeri 2 Tonja Denpasar. Sampel penelitian seluruh guru kelas dengan teknik
Referensi
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Bulqis, D. B. Q. (2023). Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di Sekolah Penggerak SMPN 1 Kemang Bogor.
Fatah, A., Haryana, K., & Sampurno, Y. G. (2022). Kesiapan SMK Negeri Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 5(1), 95–110.
Fitria, S., & Budi, S. (2023). Persepsi Guru terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di SLBN I Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20048–20053. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9433
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Indahwati, N., Maksum, A., Wicahyani, S., Ristanto, K. O., & Prakoso, B. B. (2023). Persepsi guru terhadap kurikulum merdeka belajar: Analisis dari segi pengetahuan dan keyakinan. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(2), 144. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i2.15802
Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796