KONTRIBUSI KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
kreativitas belajar, literasi membacaAbstrak
Kreativitas siswa dalam kegiatan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting ditumbuhkan semenjak dini. Kreativitas belajar diduga memiliki dampak yang kuat terhadap keterampilan literasi membaca siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kreativitas belajar terhadap keterampilan literasi membaca siswa kelas IV SD gugus III Kecamatan Buleleng. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan rancangan Survey Studi Korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD gugus III Kecamatan Buleleng yang berjumlah 394 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 196. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kreativitas belajar siswa, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan literasi membaca siswa. Data kreativitas belajar siswa dikumpulkan dengan tes, sedangkan data keterampilan literasi membaca siswa dikumpulkan dengan studi dokumen yang telah dimiliki oleh guru di sekolah. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kreativitas belajar terhadap keterampilan literasi membaca siswa dengan kontribusi sebesar 44,1% dan sumbangan efektif sebesar 17%.
Referensi
Alamsyah, Ichsan Emrald. (2023). Rapor Pendidikan 2023: Kompetensi Literasi Murid Perlu Ditingkatkan. Available from: https://news.republika.co.id/berita/s2yksc349/rapor-pendidikan-2023-kompetensi-literasi-murid-perlu-ditingkatkan. Diakses pada tanggal 13 Maret 2024.
Amabile, T. M. (1996). Creativity in Context. Westview Press.
Anggraeni, Melia, dan Muhammad Mukhlis. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Anoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra 9(1).
Ashari, Muhammad. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia 2023: Kemampuan Literasi Siswa di Kategori Sedang, SMA Sederajat Alami Penurunan. Available from: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-017168357/rapor-pendidikan-indonesia-2023-kemampuan-literasi-siswa-di-kategori-sedang-sma-sederajat-alami-penurunan?page=all. Diakses pada tanggal 13 Maret 2024.
Dayang, S., Izhar, S., & Hidayah, R. Al. (2013). Analisis Penerapan Literasi Membaca Pada Pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Pulau Maya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93.
Gardner, H. (2006). The Development of Creativity: A Transcultural Perspective. Cambridge University Press.
Gowa, Srijadi, dkk. (2022). Hubungan Antara Minat, Motivasi Belajar dan Pengetahuan Literasi Siswa Terhadap Hasil Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan. INSIGHT: Indonesian Journal of Social Studies and Humanities 2 (1).
Harahap, Dharma Gyta Sari, dkk. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6 (2): 2089–2098.
Hidi, S., & Anderson, V. (1986). "Producing Written Summaries: Task Demands, Cognitive Operations, and Implications for Instruction." Review of Educational Research, 56(4), 573-591.
Im, H., Hokanson, B., dan Johnso, K.K.P. (2015). Teaching Creative Thinking. Clothing and Textile Reasearch Journal, 33(2):129-142.
Kompas. (2023). Rapor Pendidikan: Kemampuan Literasi Murid Turun di Tingkat SMA. Available from: https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/27/122051571/rapor-pendidikan-2023-kemampuan-literasi-murid-turun-di-tingkat-sma. Diakses pada tanggal 7 Maret 2024.
Koyan, I.W. (2012). Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Listiara, Melinia Luky, dkk. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Dan Xi di SMK Ariya Metta. Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis 8(2).
Miftah, Thoha. (2012). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Munandar, Utami. (2004). Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngalimun, dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nisa, Zahratun dan Dhiah Fitrayati. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal PTK dan Pendidikan 8(2).
Rahmat, Kriyantono. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10.
Saddhono dan Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Satu Data Indonesia Provinsi Bali. (2022). Rata-rata Kemampuan Literasi dan Numerasi SD, SMP, SMA (Versi 2022). Tersedia pada: https://balisatudata.baliprov.go.id/laporan/rata-rata-kemampuan-literasi-dan-numerasi-sd-smp-sma-versi-2022?year=2022. Diakses pada tanggal 7 Maret 2024.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17.
Sternberg, R. J. (2003). Creativity, Intelligence, and Wisdom: The Three Pillars of Human Performance. Cambridge University Press.
Sudiana, I Nyoman. (2007). Membaca. Malang: Universitas Pendidikan Malang.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1), 20–32.
Umiaisyabilal. (2020). Keterampilan Membaca. Tersedia pada: https://mastiahumiaisyabilal.wordpress.com/2020/04/02/keterampilan-berbahasa-2-april-2020-keterampilan-membaca/. Diakses pada tanggal 10 April 2022.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Widodo, Urip. (2021). Pengaruh Kreativitas Belajar Pada Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran) 5(1).