U UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN 3M (MELIPAT, MENGGUNTING, DAN MENEMPEL) PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS AWAL
Application of the 3M Technique (Folding, Cutting, and Sticking) to Improve Fine Motor Skills in Early Grade Elementary School Students
Kata Kunci:
Motorik Halus, Anak, Sekolah DasarAbstrak
Kemampuan motorik halus yang dimiliki setiap anak berbeda-beda ada yang lambat dan ada pula yang sesuai dengan perkembangan tergantung pada kematangan anak. Kemampuan motorik anak dikatakan terlambat bila diusia seharusnya yang ia sudah dapat mengembangkan keterampilan baru, tetapi ia tidak menunjukan kemajuan. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motorik halus pada anak usia dini sangat beragam, namun kegiatan yang paling efekif dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini adalah kegiatan melipat, meggunting, dan memotong, hal ini karena kegiatan menempel menggunting dan memotong dapat menggerakan otot-otot kecil seperti jari dan tangan karena digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti menulis dan menggambar. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan adanya kegiatan 3M yaitu melipat, menggunting dan menempel, dikarenakan kemampuan motorik halus anak harus dikembangkan dari usia dini guna melancarkan otot-otot tangan yang akan digunakan dalam melaksanakan aktivitas sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif, dimana merupakan penelitian kepustakaan atau Library Research. Simpulan penelitian ini yaitu peranan guru sangatlah penting, karena ia berperan sebagai motivator dan innovator dalam kelas. Sehingga guru perlu mengembangkan kemampuan anak, terutama mengembangkan kemampuan koordinasi mata dan tangan yang sering disebut dengan motorik halus. Berdasarkan pengamatan peneliti, pembelajaran belum berjalan sebagaimana mestinya. Anak-anak Sekolah Dasar pada kelas awal kurang mendapat stimulus untuk meningkatkan kemampuan motorik halus.
Referensi
Elisasmita, Mayar & Desyandri (2023) ‘Implementasi Kegiatan Menempel Untuk Meningkatkan Motorik Halus Siswa Di Sekolah Dasar’, 09
Herlidasari, A., Jannah, M., & Syafitri, A. R. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus menggunakan teknik 3M (Melipat, Menggunting dan Menempel) pada anak usia sekolah dasar kelas awal. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(1), 18-30.
John Iskandar Bahari (2022) ‘Optimalisasi Kemampuan Motorik Halus Siswa Melalui Media Kinetic Sand Idi TK BAHRUL Ulumbangrejo Banyuwangi’, Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 6, Pp. 1–23.
Kisno Et Al. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Teknik 3M (Melipat, Menggunting, Dan Menempel) Pada Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Awal : Penelitian Tindakan Pada Anak Sekolah Dasar Kelas Awal Di SDN 8 Metro Timur’, Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education (Ijigaed), 2(1), Pp. 18–30. Available At: Https://E-Journal.Metrouniv.Ac.Id/Index.Php/Ijigaed/.
Mayar, F. (2023). Implementasi Kegiatan Menempel Untuk Meningkatkan Motorik Halus Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(2), 1926-1938.
Nofianti, R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan pola pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 115-130.
Puspiani, D., Purbayani, R., & Herniawati, A. (2024). PENGARUH KEGIATAN MELIPAT KERTAS TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA SABILISSALAM BAREGBEG CIAMIS. Jurnal Intisabi, 2(1), 146-161.
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kolase media serutan pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140.