PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Penulis

  • Ahmad Ariadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Nahdia

Kata Kunci:

Augmented Reality, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Transformasi dunia pendidikan terintegrasi dengan teknologi sangat diperlukan dalam pembelajaran, adanya pergeseran gaya hidup masyarakat ikut membangun budaya baru. Hal ini yang menggeser banyak aktivitas secara fisik menjadi secara daring atau digital. Dengan adanya integrasi ini pembelajaran yang disajikan akan relevan dengan keadaan siswa saat ini dan  mampu memberikan dampak peningkatan hasil belajar. Masalah yang diselesaikan pada penelitian yaitu masih rendahnya tingkat aktivitas siswa  dan juga hasil belajar siswa pada saat pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya aktivitas pembelajaran yang berpusat pada siswa dan belum terintegrasinya dengan teknoogi sebagai daya tarik belajar siswa. Sehingga berdampak pada pola belajar siswa yang menjadi pasif serta kebutuhan dalam kemampuan adaptasi teknologi belum terpenuhi. Untuk mengatasidan sebagai salah satu alternatif menyelesaikan permasalahan melalui penerapan model Problem Based Learning dan pengembangan Augmented Reality sebagai integrasi teknologi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatakn kualitas pembelajaran melalui aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar. Penelitian dilaksanakan dengan jenis PTK sebanyak empat pertemuan. Objek penelitian yaitu siswa kelas IVB berjumlah 21 orang. Variabel penelitian yaitu aktivitas dan hasil belajar dengan hasil sebagai berikut:  aktivitas siswa pertemuan pertama sebesar 80,95% kriteria hampir seluruh siswa sangat aktif, pertemuan 2 sebesar 89,45% kriteria seluruh siswa aktif, pertemuan 3 sebesar100% kriteria seluruh sangat aktif, dan pertemuan keempat sebesar sebesar 100. Ketuntasan belajar siswa pertemuan pertama 61,90% dengan kriteria sebagian siswa tuntas, pertemuan kedua skor 80,95% dengan kriteria sebagian besar siswa tuntas, pertemuan ketiga 90,48% dengan kriteria hampir seluruh siswa tuntas, dan pertemuan keempat 100% dengan kata lain seluruh siswa mencapai ketuntasan belajar.

Referensi

Agung, Hizkia Dewa, Andri Anugrahana, Patrisia Betris, and Yan Ariyanti. 2023. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Perubahan Cuaca Dan Pengaruhnya Terhadap Manusia Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Kelas III SD Negeri Plaosan 1.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7:2980–84.

Akhmad Riandy Agusta, Akhmad, Ahmad Suriansyah, and Punaji Setyosari. 2021. “Model Blended Learning Gawi Manuntung Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.” Journal of Economics Education and Entrepreneurship 2(2):63–89.

Annisa, Fadillah, and Marlina Marlina. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik.” Jurnal Basicedu 3(4):1047–54. doi: 10.31004/basicedu.v3i4.209.

Ariyani, Bekti, and Firosalia Kristin. 2021. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5(3):353. doi: 10.23887/jipp.v5i3.36230.

Eismawati, Eka, Henny Dewi Koeswanti, and Elvira Hoesein Radia. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD.” Jurnal Matematika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 3(2):78. doi: 10.31764/justek.v1i1.416.

Evi, Tika, Endang Indarini, Universitas Kristen, Satya Wacana, and Jawa Tengah. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Abstrak.” 3(2):385–95.

Hidayat, Ari, and Fathul Jannah. 2021. “Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan Pkn.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 11(2):31–38.

Hidayat, Ari, and Nataliya. 2023. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kebiasan Baik Siswa Dalam Muatan Ppkn Menggunakan Model ‘ Batamat .’” DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 01(01):1–13.

Imtihana, Azizatul, and Eviyanti Asmaul Kusnah. 2022. “Implementation of Mind Mapping Learning Method to Improve Speaking Skills in Third Grade Students Sidoklumpuk Sdn Sidoarjo.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasa 1:183–95. doi: https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.23.

Khikmiyah, Fatimatul. 2021. “Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):1–12. doi: 10.30605/pedagogy.v6i1.1193.

Nurdyansyah; Fahynu, Eni Fariyatul. 2016. INOVASI MODEL PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM 2013. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Qorimah, Esti Nur, Wisnu Cahyo Laksono, Yulia Maftuhah Hidayati, Anatri Desstya, and Pendidikan Dasar. 2022. “Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Materi Rantai Makanan.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 5(1):57–63. doi: 10.23887/jp2.v5i1.46290.

Rahima, Line, Zain Ahmad Fauzi, and Asniwati. 2019. “Kata Kunci : Aktivitas Belajar , Model.” 5(1).

Reza, Veni, Prosiding Snapp, Ebat Dalam, I. M. A. Di, Adang Socialization, O. F. Cadger, Movement To, Support Cadger, Regulation Programpadang, Fakultas Hukum, Universitas Bung Universitang Bung Hatta, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Bung Universitang Bung Hatta, Danilo Gomes de Arruda, N. Bustamam, S. Suryani, Mutiaralinda Sartika Nasution, Basuki Prayitno, Ihsan Rois, Abdul Kadir Jaelani, Rizkiyah Rokhmatul Laili, Taufiqur Rohman, Universitas Negeri Surabaya, Riska Destiana, Kismartini Kismartini, Tri Yuningsih, Risalatul Ummah, Mohammad Hipni, Untuk Pen, Tetty Yuliaty, Abdul Rasyid, Nela Vera Septiani, Lucky Zamzami, and L. Rezekiana. 2020. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa.” Bussiness Law Binus 7(2):33–48.

Saleh, Muhammad. 2021. “Implementasi Kombinasi Model PBL, NHT, Dan Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS.” Jurnal Simki Pedagogia 4(2):198–210. doi: 10.29407/jsp.v4i2.50.

Shochib, Muhammad. 2020. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI RUANG.” 3(1):20–27. doi: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24495.

Shofina, Najiha, and Muhsinah Annisa. 2023. “Kombinasi Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Pemaknaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Karakter Wasaka Siswa Sekolah Dasar.” DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1(01):63–73.

Solekhaha, J. I. S. Poerwanti, and S. Wahyuningsih. 2020. “Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Ilmiah 6(3):117–22.

Sumianto, Sumianto. 2017. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan 17(2):179–88. doi: 10.17509/jpp.v17i2.8253.

Suriansyah, Ahmad, Rizky Amelia, and Meri Aditia Lestari. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Pair And Share (TPS) Dan Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin.” Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM 5(1):27–36.

Triani, Deliza Septika, Endang Widi Winarni, and Abdul Muktadir. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu.” Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar 2(1):13–21. doi: 10.33369/dikdas.v2i1.8677.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-08

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 3 times