PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTUAN CANVA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV
Kata Kunci:
e-modul, tematik, canvaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan e-modul pembelajaran tematik berbantuan canva, mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran tematik berbantuan canva, mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap penggunaan e-modul pembelajaran tematik berbantuan canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik membutuhkan e-modul pembelajaran yang peneliti kembangkan. E-modul pembelajaran tematik berbantuan canva divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. E-modul pembelajaran tematik diujicobakan pada 24 peserta didik kelas IV SDN 1 Sumber Agung. E-modul pembelajaran tematik dihasilkan melalui tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi dilakukan sebanyak dua kali, diperoleh skor keseluruhan sebesar 88% dengan kriteria “sangat valid”. Sedangkan hasil validasi oleh ahli media yang dilakukan sebanyak dua kali mendapatkan total skor sebesar 85% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil uji coba dari angket respon peserta didik kelas IV berjumlah 24 memperoleh skor 83,5% masuk dalam kriteria “sangat praktis”, sedangkan hasil penilaian yang diberikan oleh pendidik mendapatkan nilai persentase rata-rata sebesar 90% dengan kriteria “sangat praktis”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan e-modul pembelajaran tematik berbantuan canva, mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran tematik berbantuan canva, mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap penggunaan e-modul pembelajaran tematik berbantuan canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik membutuhkan e-modul pembelajaran yang peneliti kembangkan. E-modul pembelajaran tematik berbantuan canva divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. E-modul pembelajaran tematik diujicobakan pada 24 peserta didik kelas IV SDN 1 Sumber Agung. E-modul pembelajaran tematik dihasilkan melalui tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi dilakukan sebanyak dua kali, diperoleh skor keseluruhan sebesar 88% dengan kriteria “sangat valid”. Sedangkan hasil validasi oleh ahli media yang dilakukan sebanyak dua kali mendapatkan total skor sebesar 85% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil uji coba dari angket respon peserta didik kelas IV berjumlah 24 memperoleh skor 83,5% masuk dalam kriteria “sangat praktis”, sedangkan hasil penilaian yang diberikan oleh pendidik mendapatkan nilai persentase rata-rata sebesar 90% dengan kriteria “sangat praktis”.
Referensi
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986
Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(2). https://doi.org/10.35719/jieman.v1i2.14
Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2022). Development E-modul of History Learning Strategy to Improve Student Digital Literacy. Jurnal Pendidikan Sejarah Criksetra, 11(1), 84–96.
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1.
Dewi, R. C., Khairudin, K., Wahyuni, Y., & Fauziah, F. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbantuan Cabri 3D Materi Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 58. https://doi.org/10.29300/equation.v6i1.9046
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.
Faudhani, Y., Faisal, Rangkuti, I., Tamba, R., & Simanihuruk, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite pada Pembelajaran Tematik di Kelas III SDIT Hj. Fauziah Binjai Timur T.A. 2022/2023. Jurnal Handayani, 14(2), 169–181.
Fauzana Nelmi, & Risda Amini. (2023). Bahan Ajar Berbasis Etnosains pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1140–1253. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6151
Handin, H., & Nadziroh, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Tematik Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas III Se-Gugus 3 Sanden Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.7961
Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Indriani, M., & Qiftiyah, M. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Instant Assessment terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6373
N.T, A. R., & Landong, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Tema Energi dan Perubahannya Berbantuan Media Canva Siswa Kelas III SD Negeri 101791 Patumbak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 4304–4313.
Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika: Potensi dan Metode Pengembangan. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 298–302.
Octalia, R. P., Rizal, N., Siswandari, H., Satrio, A., Jurusan, A., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges untuk Meningkatkan Computational Thinking dalam Pembelajaran Mandiri sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2021, 1(1), 149–166.
Prastowo, A. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Qiftiyah, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi dengan Ayat-Ayat Al Qur’an. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 275–286. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3703
Qiftiyah, M. (2023). Muatan HOTS pada Pembelajaran Tematik Materi IPA Kelas 5 Sekolah Dasar. 28–38.
Ramadhan, W., & Santosa, S. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial (IPAS) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(1), 1–12.
Rasyid, A., & Yusman. (2024). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pbl Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA. Universitas Negeri Yogyakarta, 11(3), 36–55. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index%0A
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649
Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, & Erna Suhartini. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214
Wijayanti, H., Degeng, I. N., & Sitompul, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p026