ANALISIS MANFAAT ASESMEN DIAGNOSTIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • azis khulaifi universitas negeri jakarta

Kata Kunci:

kurikulum merdeka, asesmen diagnostik, sekolah dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implikasi dan manfaat dari asesmen diagnostik awal dalam pembelajaran khususnya pada jenjang sekolah dasar. Asesmen merupakan serangkaian penilaian untuk mengetahui perkembangan siswa. Asesmen diagnostik merupakan serangkain penilaian pada kurikulum merdeka yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik, kondisi kompetensi, kekuatan, kelemahan, model belajar siswa. Asesmen diagnostik bertujuan untuk melihat kemampuan awal yang dimiliki oleh siswa baik secara kognitif maupun non-kognitif, sehingga proses pembelajaran dapat dilihat dan dipetakan sesuai dengan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Asesmen diagnostik mulai dikenal dan diterapkan di Indonesia sejak berlakunya kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka memberikan kesempatan pada murid untuk lebih banyak mengembangkan kompetensi, keterampilan dan karakter tanpa memberikan tuntutan dalam pembelajaran. Kurikulum merdeka lahir pasca wabah covid-19. Pada tahun 2022 kurikulum merdeka mulai diterapkan di Indonesia di sebagian sekolah dan mulai diterapkan secara nasional pada tahun ajaran baru 2024. Tujuan dari kurikulum merdeka adalah untuk mengejar berbagai ketertinggalan pasca covid dan menjawab tantangan perkembangan zaman. Kurikulum merdeka diharapkan dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia sesuai perkembangan zaman.

 

Referensi

Achruh, A. (2019). Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum. Jurnal Inspiratif Pendidikan,8 (1), 1-9

Adek Cerah Kurnia Azis, & Siti Khodijah Lubis. (2023). ASESMEN DIAGNOSTIK SEBAGAI PENILAIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6202

Antika, W., Sasomo, B., & Dwi Rahmawati, A. (2023). ANALISIS ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI KURIKULUM MERDEKA SMPN 3 SINE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).

Ansyar, M. (2017). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain Dan Pengembangan. Prenada Media.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75.

Aprilia, W. (2020). Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika,2(2), 208-226.

Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.

arifin, syamsul, abidin, nurul, & al anshori, fauzan. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.28918/jupe.v8i2.84

Aszhari, C. (2023). Asesmen Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak Telkom Schools Padang.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Learning Assesment in the Independent Curriculum. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8.

Bungawati, B. (2022). Peluang Dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. JURNAL PENDIDIKAN, 31(3), 381. Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V31i3.2847

Coughlan, G., Coutrot, A., Khondoker, M., Minihane, A. M., Spiers, H., & Hornberger, M. (2019). Toward Personalized Cognitive Diagnostics of At-Genetic-Risk Alzheimer’s Disease. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 116(19), 9285–9292. https://doi.org/10.1073/pnas.1901600116

dewi, nur laela, sukamto, & prasetyowati, dina. (2023). ANALISIS HASIL ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandir, 9(2).

Dwi, M. A., Dwijayanti, I., Roshayanti, F., & Handayaningsih, S. (2023). Analisis Karakteristik Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik (Studi Kasus : Kelas 6 SDN Pandean Lamper 04). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2).

Dyaning Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS Mi/Sd. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasr, 08

Hastuti, S., & Marzuki, I. (2021). Model Asesmen Alternatif Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Era Pandemi Covid - 19. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 3(1).

Hasna, S., & Azizah, M. (2023). IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF SISWA KELAS III SD NEGERI GAYAMSARI 02 KOTA SEMARANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2).

ihsani, fitrotul, nuroso, harto, & purnamasari, iin. (2023). ANALISIS HASIL ASEMEN DIAGNOSTIK SEBAGAI DASAR PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2).

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024

Kemdikbud. (2012). Buku Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum 2013.

khaulani, fatma, neviyerni s, & murni, irda. (2020). FASE DAN TUGAS PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1).

mansur s. (2018). APLIKASI ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GELOGOR. Jurnal Riset Pendidkan Dasar, 1, 49–55. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Miftakhuddin, K., N., & Hardiansyah, H. (2022). Implikasi Empat Modalitas Belajar Fleming terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal The Elementary School Teacher Education, 1(2), 38–49

Min, S., & He, L. (2022). Developing Individualized Feedback for Listening Assessment: Combining Standard Setting and Cognitive Diagnostic Assessment Approaches. Language Testing, 39(1), 90–116

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. Https://Doi.Org/10.33830/Penaanda.V1i1.5019

Nasution, S. W. (2022). Asesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142.Nur Afifatul Hikmah, S. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1).

Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD Dalam Implementasi Asesmen Nasional. In Jurnal Papeda (Vol. 3, Issue 2).

Nur Afifatul Hikmah, S. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1).

Nurhasanah, aan, arofa, A., & Simbolon, marlina eliyanti. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN ASSESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF JENJANG SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i2.8851

Nuryani, S., Hamdani Maula, L., & Khaleda Nurmeta, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. Https://E-Journal.Unmuhkupang.Ac.Id/Index.Php/Jpdf

Ode, W., Maut, A., Negeri, S. D., Kecamatan, T., & Kabupaten Muna, T. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 02(4). https://doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1305-1312

Qurtubi, A., Hakim, M., Afandi, B., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Diagnostik Kognitif Berbasis Android dan Desktop pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Daruttaqwa Jombang. Jurnal Bioshell: Jurnal Pendidikan Biologi, Biologi, Dan Pendidikan IPA, 13(2), 2024. https://doi.org/10.56013/bio.v13i2.2829

Rigianti, H. A., & Utomo, A. C. (2022). ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM RANAH LITERASI MEMBACA DAN IMPLIKASINYA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(1), 133–137. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4254

sanjani, maulana akbar. (2020). TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PROSES PENINGKATAN BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1).

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Journal of Community Empowerment 2 Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment 2. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jce

Talango, S. R., & Pratiwi, W. (2018). ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK (STUDI KASUS ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2 TAHUN).

Watu, M. F., Lawe, Y. U., Sayangan, Y. V., & Laksana, D. N. L. (2024). PENERAPAN ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF PADA ASPEK KESIAPAN DAN GAYA BELAJAR SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 615–625. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3660

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17–26

Zlatkin-Troitschanskaia, O., Happ, R., Nell-Müller, S., Deribo, T., Reinhardt, F., & Toepper, M. (2018). Successful Integration of Refugee Students in Higher Education: Insights from Entry Diagnostics in an Online Study Program. Global Education Review, 5(4), 158–181.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-08

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 2 times