ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI KEDUNGWARU LOR DEMAK

Penulis

  • Dhina Cahya Rohim Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3091

Kata Kunci:

pelaksanaan, kurikulum merdeka, pemahaman, Faktor pendukung, Faktor penghambat

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri Kedungwaru Lor Demak; 2) mengetahui pemahaman guru tentang struktur kurikulum dan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka; dan 3) mengetahui Faktor pendukung dan Faktor penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri Kedungwaru Lor Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas I dan IV sebagai pelaksana kurikulum merdeka di tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara umum pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri Kedungwaru Lor Demak sudah dilaksanakan dengan baik dan diterapkan secara bertahap pada kelas I dan IV di tahun ajaran 2022/2023; 2) Pemahaman guru mengenai struktur kurikulum dan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka juga cukup baik ditunjukkan dengan persentase ketercapaian setiap indicator mencapai 83%; 3) Faktor penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka antara lain kesulitan dalam manajemen waktu, diklat mengenai kurikulum merdeka masih terbatas, serta kurangnya referensi sedangkan Faktor pendukung keterlaksanaan kurikulum merdeka diantaranya yaitu dukungan penuh dari kepala sekolah, kelengkapan sarana dan prasarana serta semangat guru dan siswa dalam melaksanakan kurikulum merdeka.

Referensi

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1275--1289.

Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670.

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Tantangan dan Peran Dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 219–232.

Aryanti, D., & Saputra, M. I. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss). Educatio, 18(1), 17–31. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL Journal of Educational and Language Research, 1(12), 1–52.

Fadhli, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.

Firdaus, M. (2023). Analisis Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar SD Negeri Percobaan 2 Kota Malang. Proceedings Series of Educational Studies. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/download/7880/2326

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330.

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49.

Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(1), 525–535. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Sumarsih, I., Marliyan, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773.

Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi kurikulum merdeka jenjang SD kabupaten luwu timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2(2), 1–8.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-27

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 212 times