ANALISIS KESALAHAN MENULIS MAKALAH MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS SULAWESI BARAT

Penulis

  • St. harpiani universitas sulawesi barat
  • irmawati m Univeristas Sulawesi Barat
  • Uhwah Hasanah universitas sulawesi barat
  • Dita Mulyana Ramadhani

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3047

Kata Kunci:

kesalahan menulis, makalah, mahasiswa PGSD

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan ejaan dan kesalahan tata bahasa dalam makalah yang ditulis oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang menerapkan pendekatan deskriptif. Penelitian melibatkan mahasiswa semester 3 di prodi PGSD. Adapun jumlah makalah yang dianalisis yaitu dua makalah hasil tugas mahasiswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk melihat kesalahan mahasiswa dalam menulis makalah sedangkan dokumentasi merupakan makalah yang telah dibuat oleh mahasiswa. Data dianalisis menggunakan teknik deskripstif. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan kesalahan mahasiswa dalam penulisan makalah. Indikator kesalahan menulis makalah yaitu  isi makalah, tata bahasa dan teknik penulisan. Hasil penelitian menunjukkan yaitu terdapat kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menulis makalah. dilihat dari aspek isi makalah bahwa mahasiswa tidak menguraiakan isi makalah secara lengkap misalnya dalam penulisan latar belakang tidak dijelaskan secara rinci alasan dalam penulisan makalah, dari segi aspek tata bahasa masih banyak didapat kesalahan dalam penggunaan tanda baca, penggunaan huruf, dan pemakaian kata. Selanjunya dari segi aspek penulisan masih didapat kesalahan dalam penulisan daftar rujukan, dan prosedur (etika) pengutipan rujukan.

Kata Kunci: Kesalahan, Menulis, Makalah, Mahasiswa PGSD

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-27

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 106 times