Peran Guru PKn Dalam Pembentukan Sikap Sopan Santun Siswa Kelas III SDN Banyuajuh 04 Bangkalan

Penulis

  • Alifia Roudhotul Universitas Trunojoyo Madura
  • Dwi Laili Kirana Putri Universitas Trunojoyo Madura
  • Ainun Nikmah Universitas Trunojoyo Madura
  • Lutfiah Universitas Trunojoyo Madura
  • Ahmad Sudi Pratikno Universitas Trunojoyo Madura https://orcid.org/0000-0003-4073-8125

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3019

Kata Kunci:

peran guru, pembentukan sikap, sopan santun

Abstrak

Berdasarkan temuan hasil penelitian mengenai bentuk penanaman karakter sopan santun pada siswa kelas III SDN Banyuajuh 4, ditemukan bahwa penanaman karakter sopan santun meliputi tiga aspek utama, yaitu sopan santun dalam berpenampilan, sopan santun dalam berkomunikasi, dan sopan santun dalam berperilaku. Dalam hal ini, siswa diberikan pengertian tentang konsekuensi dari perilaku tidak sopan, serta pentingnya sikap sopan santun dalam menciptakan lingkungan yang harmonis. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru kelas dan siswa kelas III SDN Banyuajuh 4 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengambilan data melalui lembar observasi dokumentasi. Teknik menganalisis data yaitu menggunakan teknik reduksi data (data reduction), display data (data display), dan kesimpulan (verifikasi data), Dengan adanya pengamatan ini, dapat disimpulkan bahwa siswa di SDN Banyuajuh 4 telah membentuk sikap dan perilaku sopan santun dalam interaksi dengan guru.

Biografi Penulis

Dwi Laili Kirana Putri, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ainun Nikmah, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Lutfiah, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ahmad Sudi Pratikno, Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Delpie, C. (2008). Child Development. Twelfth Edition. Singapore: The McGraw-Hill Companies .

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartono. (2007). Sopan Santun Dalam Pergaulan. Bandung: Armico.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, CV.

Suyanto. (2009). Hasil lmplementasi Pendidikan Karakter di Amerika Serikat: Metaanalisis Study. Jogjakarta: Balai Putaka.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widiasworo, E. (2017). MasalahMasalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska.

Zainal, A. (2009). Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Jakarta: CV Nuansa Aulia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-27

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 135 times