PEMBINAAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENULIS BAHASA JAWA KELAS 3 DI MADRASAH IBTIDAIYYAH

Penulis

  • Nanang Fadli IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.2710

Kata Kunci:

Productive Skills, Javanese Language, Students

Abstrak

Keterampilan berbahasa melibatkan kedua belah pihak dalam berkomunikasi harus sama-sama memiliki keterampilan produktif dalam berbahasa, baik secara lisan maupun tertulis. peneliti mengambil keterampilan menulis dan keterampilan berbicara yang merupakan dua keterampilan berbahasa yang tidak bisa terlepas dari kebanyakan orang terutama dari peserta didik di Di MI NU Roudlotush Sholichin Sunggingan Kudus kelas 3. Jika peserta didik tersebut memiliki dua ketrampilan ini, maka akan sangat mudah dalam berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Terutama dalam menanamkan dan melestarikan budaya jawa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan jenis penelitian fenomenologis. Dari hasil observasi dan wawancara di Di MI NU Roudlotush Sholichin Sunggingan Kudus dalam keterampilan menulis peserta didik mampu untuk mengembangkan keterampilan tersebut berupa implemetasi dan pembinaan dalam pembelajaran bahasa jawa serta pengalaman-pengalaman peserta didik yang diberikan kepada pendidik. dalam keterampilan berbicara peserta didik mampu melaksanakannya, dengan begitu peserta didik bisa lebih untuk mengembangkan kemampuannya dalam keterampilan berbicara. Pembelajaran bahasa jawa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa jawa secara baik dan benar yang meliputi empat aspek keterampilan yaitu menyimak, membaca, menulis dan keterampilan berbicara. Keterampilan berbahasa melibatkan kedua belah pihak dalam berkomunikasi harus sama-sama memiliki keterampilan produktif atau bersifat pengeluaran dalam berbahasa, baik secara lisan maupun tertulis sebagaimana yang tampak dalam kegiatan berbicara dan menulis.

Kata kunci : Keterampilan Produktif, Bahasa Jawa, Peserta Didik

Referensi

Anto, P., & Anita, T. (2019). Tembang Macapat Sebagai Penunjang Pendidikan Karakter. Deiksis, 11(01), 77. Https://Doi.Org/10.30998/Deiksis.V11i01.3221

Fariidah, Z. (2022). Pembelajaran Dan Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama Pada Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi Penaruban Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. 1–23.

Handayani, T. (Tri), & Hangestiningsih, E. (Endang). (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Siswa Di Sd Karangmulyo Yogyakarta. Trihayu, 4(3), 259013.

Kurniati, E. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa Sd Yang Integratif Komunikatif Berbasis Folklore Lisan Sebagai Wujud Konservasi Budaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2), 107–118.

Lestari, L. M. P. (2020). Pengaruh Pembiasaan Berbahasa Jawa Di Sekolah Terhadap Nilai Karakter Kesopanan Siswa Kelas V Mi Hasyim Al-Hadi Desa Kedungsekar Kec. Benjeng Kab. Gresik Tahun Ajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Hlm. 156.

Martono. (2020). Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Halus Dalam Upaya Pembinaan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar.

Nadhiroh, U. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. Jisabda: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.26877/Jisabda.V3i1.9223

Priyanto, S. (2021). Pembiasaan Berbahasa Jawa Melalui Program Remen Jawa Guna Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 246–256.

Lubaba, Meilin Nuril, And Iqnatia Alfiansyah. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9, No. 3 (2022): 2022–2687.

Mulyati, Yeti. “Hakik At Keterampilan Berbahasa,” N.D., 1–34.

Nurjanah, Ayu Putri., Anggraini, Gita. “Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” J. Leukoc. Biol 96, No. 1 (2013): 365–75.

Parapat, Lili Herawati, Rahmat Huda, Eli Marlina Harahap, And Khatib Lubis. Buku Ajar Menulis & Berbicara Produktif. Cv. Azka Pustaka, 2022.

Ristanto, D., Sukardi, & Susilaningsih, S. (2015). Peningkatan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Jawa Melalui Media Permaian Scrabble. Joyful Learning Journal, 1(1), 37–47.

Supartinah. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Di Kelas V Sdn Lempuyangan Iii Yogyakarta Dengan Teknik Pembelajaran Bercerita Gambar Seri. 1–23.

Trisnawati, W., & Fauziah, P. (2019). Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembiasan Berbahasa Jawa Pada Anak Usia Dini Di Desa Tanggeran, Kabupaten Banyumas. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 93–100. Https://Doi.Org/10.17509/Cd.V10i2.17336

Usnantika, U., Burhanuddin, A., & Ardhyantama, V. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Menggunakan Bahasa Jawa Krama Inggil Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Iii Karanggede. 18–19.

W. Creswell, J. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran (4 Ed.). Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-27

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 64 times