IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SD NO. 6 BELOK KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG

Penulis

  • Ni Made Ari Armini UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Drs. I Made Sujana, M.Pd
  • I Made Putra Aryana, M.Pd.H

DOI:

https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.1651

Kata Kunci:

Budaya sekolah, Karakter Religius Peserta Didik

Abstrak

Abstrak: Sekolah merupakan tempat berlangsungnya pendidikan formal, sekolah tidak saja menjadi tempat guru menyampaikan berbagai mata pelajaran saja akan tetapi sekolah juga menjadi lembaga dalam pembentukan karaker. Suatu fenomena di SD No. 6 Belok diduga menerapkan budaya sekolah dalam membentuk karakter peserta didik sehingga layak diteliti. Adapun rumusan masalah yang dibahas ada 3 yaitu 1) bagaimanakah bentuk implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter religius peserta didik di SD No. 6 Belok Kecamatan Petang Kabupaten Badung? 2) upaya-upaya apa saja yang dilakukan dalam membentuk karakter religius peserta didik di SD No. 6 Belok Kecamatan Petang Kabupaten Badung? 3) Bagaimanakah dampak implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter religius peserta didik di SD No. 6 Belok Kecamatan Petang Kabupaten Badung. Teori yang digunakan 1) Teori behaviorisme, 2) Teori motivasi. Jenis penelitian menggunakan kualitatif pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik penenuan informan dengan purposive sampling. Teknik pengecekan keabsaahan data 1) credibility, 2) transferability, 3) dependability, 4) confirmability. Analisis data dengan 1) data reduction/reduksi, data, 2) data display/penyajian data, 3) conclusion/kesimpulan.

Hasil penelitian 1) Bentuk implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembiasaan (1) melaksanakan persembahyangan di kelas, (2) memperingati hari besar keagamaan, (3) budaya 5S, (4) budaya jujur, (5) budaya persahabatan, (6) budaya toleransi, (7) budaya literasi, (8) budaya melaksanakan upacara bendera, (9) budaya peduli lingkungan sekolah, (10) ekstrakurikuler. 2) upaya-upaya yang dilakukan dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui 3 upaya (1) upaya kepala sekolah, (2) upaya guru, (3) upaya peserta didik. 3) dampak implementasi budaya sekolah dalam membentuk karakter religius peserta didik (1) dampak bagi peserta didik, (2) dampak bagi guru, (3) dampak bagi sekolah, (4) dampak bagi lingkungan masyarakat.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-01

Terbitan

Bagian

##section.default.title##
Abstrak viewed = 288 times